MODAL SOSIAL MASYARAKAT DESA KEDUNGBENDA DALAM PELESTARIAN SITUS CAGAR BUDAYA LINGGA YONI DESA KEDUNGBENDA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA


Hayyu Pangesti, 3601417057 (2022) MODAL SOSIAL MASYARAKAT DESA KEDUNGBENDA DALAM PELESTARIAN SITUS CAGAR BUDAYA LINGGA YONI DESA KEDUNGBENDA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417057 - Hayyu Pangesti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (916kB) | Request a copy

Abstract

Situs Cagar Budaya Lingga Yoni adalah salah satu bukti sejarah yang ada di Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Desa Kedungbenda merupakan desa di wilayah kabupaten Purbalingga yang memiliki potensi wisata sejarah yang cukup menarik dan edukatif bagi warga Purbalingga. Peran modal sosial sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keberadaan wisata sejarah di desa Kedungbenda khususnya wisata sejarah Situs Cagar Budaya Lingga Yoni, modal sosial juga berperan penting dalam interaksi yang terjadi di dalam masyarakat. Unsur-unsur yang ada di di dalam modal sosial adalah partisipasi dalam jaringan, kepercayaan, nilai dan norma. Unsur-unsur tersebut menjadi strategi masyarakat sekitar Situs Cagar Budaya Lingga Yoni dalam mempertahakan keberadaan wisata sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk memahami sejarah keberadaan Situs Cagar Budaya Lingga Yoni Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. 2) memahami bentuk modal sosial yang berkembang pada masyarakat sekitar dalam upaya pelestarian Situs Cagar Budaya Lingga Yoni Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. 3) memahami peran masyarakat sekitar Situs Cagar Budaya Lingga Yoni dalam memelihara modal sosial. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengunakan pendekatan Field Research yaitu peneliti turun langsung ke lapangan untuk mengadakan pengamatan di Situs Cagar Budaya Lingga Yoni. Lokasi penelitian ini di Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga.Teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dokumentasi. Uji validitas data mengunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) sejarah Situs Cagar Budaya Lingga Yoni yaitu menurut cerita masyarakat setempat sebagai Panembahan Drona yang dihubungkan dengan cerita Epos Mahabarata pertarungan antara Pandhawa dan Pandhita Drona 2) Modal sosial yang berkembang di sekitar Situs Cagar Budaya Lingga Yoni dalam upaya pelestarian situs yaitu kepercayaan, partisipasi dalam jaringan dan nilai dan norma 3) Peran masyarakat dalam memelihara modal sosial yaitu kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat yang kemudian menghasilkan interaksi yang akan menimbulkan hubungan timbal balik antar masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cagar Budaya, Pelestarian, Modal Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:46
Last Modified: 06 Mar 2023 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56455

Actions (login required)

View Item View Item