PEMETAAN SUB DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) UNTUK MENENTUKAN POTENSI BANJIR DENGAN METODE CORAK DAS MENGGUNAKAN APLIKASI ARCGIS 10.3 DI KECAMATAN GUNUNGPATI


Ihsan Bangkit Nugroho, 5101417044 (2022) PEMETAAN SUB DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) UNTUK MENENTUKAN POTENSI BANJIR DENGAN METODE CORAK DAS MENGGUNAKAN APLIKASI ARCGIS 10.3 DI KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101417044 - Ihsan Bangkit Nugroho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sungai, sehingga memiliki potensi dari sumberdaya air yang besar. Akan tetapi disisi lain sungai dapat menyebabkan bencana banjir bagi penduduk disekitarnya. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pencegahan dengan mengetahui potensi bencana banjir dengan cara menganalisis corak DAS pada wilayah ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat. Pada penelitian ini ada beberapa sudut pandang yang disampaikan sebagai referensi seperti teori tentang banjir, DAS, corak DAS, banjir dan factor penyebab banjir, cuaca dan iklim, dan Arcgis. Dan juga ada sebagian rujukan dari penelitian terdahulu yang berhubungan dengan penelitain menggunakan corak DAS dan potensi banjir. Metode yang digunakan pada penelitian ini di Kelurahan Kandri, Kelurahan Cepoko, Kelurahan Pungangan, dan Kelurahan Jatirejo yaitu menggunakan metode eksperimental. Pada penelitian ini hasil yang didapatkan yaitu pemetaan Kelurahan Kandri, Kelurahan Cepoko, Kelurahan Pungangan, dan Kelurahan Jatirejo yang memiliki potensi banjir yang cukup besar berdasarkan corak DAS yang berbentuk radial. Maka dari itu pemerintah Kota Semarang yang bekerja sama dengan pemerintah setempat dapat melakukan sosialisasi tentang mitigasi bencana banjir pada Kelurahan Kandri, Cepoko, Pungangan, dan Jatirejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DAS, Corak DAS, Banjir, Potensi Banjir, ArcGIS
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:35
Last Modified: 06 Mar 2023 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56453

Actions (login required)

View Item View Item