Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Gelombang Cahaya


Ian Yulianti, - Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Gelombang Cahaya. Unnes Physics Education Journal.

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (761kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa Indonesia menurut hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) sejak tahun 2000 hingga tahun 2015 masih tergolong rendah. Bahan ajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan literasi sains siswa. Bahan ajar yang ada di Indonesia belum memuat aspek literasi sains yang seimbang. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang berbasis literasi sains dengan muatan aspek-aspek literasi sains yang seimbang. Bahan ajar fisika yang dikembangkan mengangkat materi gelombang cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik, tingkat kelayakan, tingkat keterbacaan, dan peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Produk akhir penelitian ini berupa bahan ajar yang memiliki perbandingan rata-rata aspek literasi sains yakni sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains sebagai cara berpikir, dan interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat berturut-turut 40% : 20% : 20% : 20%. Hasil uji kelayakan menyatakan bahan ajar memiliki kriteria sangat layak dengan skor sebesar 88,55. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan memiliki kriteria mudah dipahami dengan perolehan rata-rata keterbacaan sebesar 77%. Uji gain menunjukkan kemampuan literasi sains kelas eksperimen termasuk kategori sedang yaitu 0,31 sedangkan kelas kontrol termasuk kategori rendah yaitu 0,2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi sains antara siswa yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Light waves, text book, science literacy.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:24
Last Modified: 12 Apr 2023 19:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56448

Actions (login required)

View Item View Item