PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022


Dina Ayu Widyastuti, 3601417056 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417056 - Dina Ayu Widyastuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 3 Semarang. Hal ini terjadi karena faktor dari proses penyampaian materi yang hanya menggunakan materi ceramah, sehingga suasana belajar sering membuat peserta didik jenuh, bosan, monoton dan banyak yang kurang memperhatikan. Maka peneliti berupaya memilih media pembelajaran berbasis video dalam kegiatan pembelajaran, karena dapat menampilkan audio dan animasi sehingga peserta didik lebih akif, menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS peserta didik menggunakan media video dengan yang dan kendala penggunaan media pembelajaran peserta didik kelas VIII Smp Negeri 3 Smarang. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Semarang. Teknik pengumpulan data antara lain dengan tes yang diberikan di awal pembelajaran (pretest), sedangkan tes yang diberikan di akhir pembelajaran (posttest), observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian berdasarkan penerapan penggunaan media video dalam proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Hal itu terbukti pada saat proses pembelajaran peserta didik lebih memperhatikan dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. semakin termotivasi dalam pembelajaran. Pengujian dua sampel menggunakan uji t-test diperoleh t hitung sebesar 8,090 dan t tabel pada taraf signifikansi 0,05 adalah 2,039. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 8,090 > 2,039 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh hasil belajar IPS kelas eksperimen di SMP Negeri 3 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP N 3 Semarang melalui pembelajaran Media video mengalami peningkatan yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Saran, bisa lebih mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran salah satunya menggunakan video sebagai inovasi baru supaya peserta didik termotivasi dan mudah memahami materi yang disampaikan sehingga mencapai hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:57
Last Modified: 03 Mar 2023 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56444

Actions (login required)

View Item View Item