Tingkat Kesesuaian dan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Prasarana Laboratorium Gambar Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2


Yulia Putri Lestari, 5101417032 (2022) Tingkat Kesesuaian dan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Prasarana Laboratorium Gambar Jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101417032 - YULIA PUTRI LESTARI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan dua hal yang saling berkaitan antara satu dengan yang satunya. Sarana dan prasarana adalah seluruh alat dan perangkat kelengkapan yang dapat menunjang untuk memudahkan dan melancarkan pekerjaan manusia untuk pencapai tujuan tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan menyusun instrumen penelitian yang berfokuskan terhadap fasilitas sarana dan prasarana laboratorium gambar program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendapat siswa jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan mengenai tingkat kesesuaian sarana dan prasaran yang sudah tersedia pada laboratorium gambar program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan data numerik dan menekankan proses penelitian pada pengukuran hasil yang objektif menggunakan analisis statistik. Penelitian deskriptif dilakukan dengan hanya memberikan instrumen dalam pelaksanaannya. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara, yaitu observasi dan dengan menggunakan angket. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII DPIB SMK Negeri 2 Salatiga dengan jumlah 71 siswa dan siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Salatiga dengan jumlah 30 siswa sebagai sampel uji coba instrumen. Hasil dari penelitian ini yaitu, Dari keseluruhan komponen perabot didapat persentase rata-rata sebesar 73.18%, komponen peralatan 84,58%, komponen media pendidikan sebesar 76% dengan rata-rata keseluruhan sebesar 77,92% yang dimana telah dikatakan sesuai dengan standar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018. Sedangkan dari hasil penelitian menyatakan persepsi siswa siswa terhadap tingkat kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium gambar termasuk dalam kategori setuju/baik. Dengan nilai persentase untuk sarana sebesar 80% dan untuk prasarana sebesar 88% dengan rata-rata keseluruhan 84%. Dari persentase data tersebut telah menunjukan bahwa besar siswa kelas XII DPIB SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022 setuju terhadap prasaranalaboratorium gambar jurusan jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Salatiga yang sudah memenuhi kriteria standar menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kesesuaian, Sarana Prasarana, Persepsi Siswa.
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:08
Last Modified: 03 Mar 2023 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56438

Actions (login required)

View Item View Item