PENGARUH MEDIA VISUAL INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI MASUKNYA HINDU-BUDHA DI INDONESIA KELAS 7 DI SMP N 5 SEMARANG


RADA IRFANUDIN, 3601417031 (2022) PENGARUH MEDIA VISUAL INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI MASUKNYA HINDU-BUDHA DI INDONESIA KELAS 7 DI SMP N 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417031 - rada irfanudin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses belajar mengajar dan sarana pengantar pesan dari pendidik ke penerima pesan. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran IPS di SMP N 5 Semarang adalah kurangnya inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran dan media pembelajaran masih terbatas. Hal tersebut dikarenakan kurangnya keahlian guru dalam pembuatan media serta tekendala waktu yang terbatas. Seringkali kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada apa yang disampaikan oleh guru dengan metode ceramah, sehingga siswa kurang antusias dan kurang memahami materi pelajaran dengan baik. Adanya penerapan media infografis diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru terutama pada mata pelajaran IPS, sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media infografis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang akan dipakai adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP N 5 Semarang, kemudian dipilih dua kelas sampel yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang dibagikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dari data hasil belajar siswa dengan nilai mean sebesar 80,49 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai mean sebesar 75,67. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa penerapan media infografis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 5 Semarang. Uji Mann-whitney memperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,35 yang artinya lebih kecil daripada 0,05, sehingga dalam penelitian ini Ha dapat diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan media infografis dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media infografis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Infografis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:24
Last Modified: 03 Mar 2023 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56437

Actions (login required)

View Item View Item