PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MEMANJANG DAN MELINTANG BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATA KULIAH PRAKTIK UKUR TANAH JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Feryan Firdaus, 5101417024 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MEMANJANG DAN MELINTANG BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATA KULIAH PRAKTIK UKUR TANAH JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101417024 - FERYAN FIRDAUS.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama dari ranah pendidikan di Indonesia. Model pembelajaran modern semakin mudah serta menjadi serba digital dan tentunya sangat berbeda dengan model pembelajaran tradisional. Pada masa pandemi, pembelajaran modern harus sangat dimaksimalkan terlebih dengan pemanfaatan internet dikarenakan pembelajaran luring tidak diperbolehkan. Metode pembelajaran dan media yang dibuat harus kreatif dan inovatif, terutama pada mata kuliah praktik. Mahasiswa membutuhkan media pembelajaran audio visual atau media video untuk pembelajaran mandiri khususnya mata kuliah praktik yang dirasa lebih cocok diterapkan sebagai pelengkap dari media pembelajaran lainnya seperti media power point, pdf, ms.word maupun penjelasan metode ceramah daring. Penelitian ini dilakukan untuk membuat media video pembelajaran agar mempermudah mahasiswa memahami materi praktikum yang bisa diakses menggunakan kapanpun menggunakan gadget dengan atau tanpa koneksi internet. Desain penelitian ini secara umum terdiri atas empat tahap penelitian, yakni analisis, perencanaan, pengembangan media, evaluasi (validasi oleh ahli materi dan ahli media) dan uji coba pada subjek. Populasi sampel penelitian ini adalah 69 mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Teknik Bangunan tahun ajaran 2021/2022 yang menempuh mata kuliah praktik ukur tanah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket / kuesioner lembar penilaian ahli materi, lembar angket penilaian ahli media, dan lembar angket penilaian / tanggapan mahasiswa terhadap media. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, kuesioner / angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi data penilaian ahli dan data tanggapan siswa. Hasil penelitian ini meliputi nilai persentase akhir dari penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan tanggapan mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Audio Visual. Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh nilai persentase akhir sebesar 91,3% (sangat layak). Sedangkan hasil dari penilaian ahli media diperoleh nilai persentase akhir sebesar 91,4% (sangat layak). Sedangkan tanggapan mahasiswa diperoleh nilai persentase akhir sebesar 74,64% sehingga dapat disimpulkan bahwa tanggapan mahasiswa terhadap media tersebut dikategorikan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Video Pembelajaran, Ilmu Ukur Tanah, Pengukuran Profil Memanjang Pergi Pulang dan Profil Melintang
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:16
Last Modified: 02 Mar 2023 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56436

Actions (login required)

View Item View Item