ANALISA PRIORITAS PEMELIHARAAN SISTEM SALURAN DRAINASE DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DI KAWASAN KAMPUS BARAT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Yoga Andhika Pratama, 5101416005 (2022) ANALISA PRIORITAS PEMELIHARAAN SISTEM SALURAN DRAINASE DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DI KAWASAN KAMPUS BARAT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5101416005 - Yoga Andhika Pratama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pembangunan di kawasan Universitas Negeri Semarang belakangan ini terus meningkat dengan dibangunnya beberapa bangunan gedung bertingkat dan perluasan jalan. Dengan adanya pembangunan fisik yang meningkat mengakibatkan berkurangnya kapasitas lahan terbuka hijau yang berfungsi sebagai resapan/ penampung air hujan didaerah kampus, berarti semakin sedikit juga daerah resapan air disana. Pesatnya perkembangaan kawasan di Universitas Negeri Semarang harus disertai dengan adanya pemeliharaan saluran drainase, sehingga ketika air hujan yang turun dapat dialirkan dengan baik. Kondisi ini baik untuk pencegahan terjadi rusaknya drainase dibeberapa kawasan fakultas Universitas Negeri Semarang. Tujuan dari Penelitian ini mengetahui dan menentukan prioritas pemeliharaan sistem drainase di kawasan kampus barat Universitas Negeri Semarang, mengetahui aspek dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem saluran drainase ditinjau dari aspek Teknis, Sosial Budaya, Lingkungan, serta aspek Ekonomi, dan mengetahui serta menyusun strategi penanganan pemeliharan saluran drainase yang diprioritaskan dilakukan untuk memaksimalkan fungsi saluran drainse di kawasan kampus barat Universitas Negeri Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berupa angka – angka dan analisis menggunakan statistik (Sugiyono, 2017). Teknik dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif, teknik deskriptif adalah teknik yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskriptifkan atau menggambarkan data yang telah terkumpul tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (Sugiyono, 2017). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa aspek yang paling mempengaruhi terhadap pemeliharaan sistem saluran drainase di kawasan kampus barat UNNES Sekaran adalah aspek Lingkungan dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan dengan Software Expert Choice 2000 versi 1.1 dengan nilai 38,10 %, sedangkan pada aspek Teknis sebesar 34,10 % aspek Ekonomi sebesar 16,10% aspek Sosial Budaya 12,20 %. Sub kriteria parameter yang paling berpengaruh dalam prioritas pemeliharaan sistem saluran drainase adalah Sanitasi Lingkungan dengan persentase sebesar 47,20 %. Berdasarkan hasil dari Analaytical Herarchy Process (AHP) diperoleh lokasi yang diprioritaskan untuk penentuan pemeliharaan sistem saluran drainase di kawasan kampus barat Universitas Negeri Semarang Sekaran adalah di kawasan Fakultas bahasa dan Seni (FBS) dengan persentase sebesar 15,90%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Saluran Drainase, Prioritas Pemeliharaan, Analaytical Herarchy Process (AHP).
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:17
Last Modified: 02 Mar 2023 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56432

Actions (login required)

View Item View Item