PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DI MTs. NEGERI 1 KOTA BEKASI


Amelia Abdul Malik, 3601417025 (2022) PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DI MTs. NEGERI 1 KOTA BEKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417025 - Amelia Abdul Malik.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 2 tahun 2022 yang mengatur pembelajaran Hybrid, yaitu melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas 50% dari total kapasitas kelas 100% dan diselingi dengan pembelajaran daring. Sistem pembelajaran daring sama halnya dilakukan di MTs. Negeri 1 Kota Bekasi, kendala yang dialami salah satunya adalah kurang paham dengan materi IPS karena keterbatasan waktu. Mengembangkan e-comic sebagai media pembelajaran daring untuk peserta didik dapat membantu memahami materi IPS dengan baik saat belajar daring, kebutuhan e-comic sebagai media pembelajaran daring mata pelajaran IPS sebanyak 76,7%. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) sesuai dengan kaidah langkah menurut Borg and Gall dan menyesuaikan dengan kebutuhan peneliti, langkah-langkahnya meliputi: potensi dan masalah, tahap persiapan dan pengumpulan data, desain produk, tahap uji coba produk oleh peserta didik dan validator, perbaikan produk, tahap uji coba lapangan, implementasi. Tahap pengembangan desain diantaranya: (1) Mengkaji KI-KD dan IPK, (2)Menebtukan materi dan judul, (3) Alur cerita dengan skrip dialog (3) Story Board, (3) Digitasi, (4) Uploading. Hasil kelayakan media: (1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor 93% kategori sangat layak, (2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 82% kategori sangat layak, (3) Tanggapan uji coba penggunaan skala kecil memperoleh skor 78% kategori baik, (4) Tanggapan uji coba penggunaan skala besar kelas 8.1 dan 8.2 setelah direvisi masing-masing memperoleh skor 94% kategori sangat baik. Dengan demikian media e-comic pada materi organisasi pergerakan nasional Indonesia sangat layak digunakan oleh peserta didik selama proses pembelajaran daring. Saran, e-comic dapat dikembangkan lebih baik lagi berupa cerita sesungguhnya dari materi organisasi pergerakan nasional Indonesia dan keseluruhan menggunakan teknik digitasi dengan software, perlu adanya perkenalan materi yang akan dipelajari dan informasi tata cara menggunakan ecomic terutama cara akses dan mengunduh, dan media e-comic dapat diujicobakan lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran IPS, E-comic, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:48
Last Modified: 02 Mar 2023 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56426

Actions (login required)

View Item View Item