DAMPAK PEMBANGUNAN PLTU BATANG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA UJUNGNEGORO KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN


Hikmah Pertiwi, 3601417008 (2022) DAMPAK PEMBANGUNAN PLTU BATANG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA UJUNGNEGORO KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417008 - Hikmah Pertiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Desa Ujungnegoro merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Keberadaan Desa Ujungnegoro yang berada disekitar pesisir pantai, menjadikan masyarakatnya bekerja di sektor perikanan. Disamping itu, tidak sedikit juga masyarakat yang mengandalkan sektor pertanian dan perkebunan karena lahan di desa yang cukup luas dan memiliki sumber daya alam yang tinggi. Adanya pembanguan industri nasional yaitu pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) memberikan perubahan terhadap kehidupan masyarakat khususnya dalam bidang sosial ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis dampak pembangunan PLTU Batang terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Ujungnegoro, (2)mengetahui respon masyarakat Desa Ujungnegoro terhadap dampak pembangunan PLTU Batang pada kondisi sosial ekonomi. Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Subjek penelitian terdiri dari informan utama dan informan pendukung yang terdiri dari perangkat desa, staff PLTU, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Ujungnegoro. Uji keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi data berupa triangulasi sumber. Analisis hasil penelitian menggunakan teori strukturasi (Anthony Giddens). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat dampak pembangunan PLTU diantaranya (1)perkembangan penduduk yang mengalami perubahan, (2) perkembangan ekonomi mengalami peningkatan, (3)terdapat perubahan lapangan pekerjaan dan tingkat pendapatan. Respon penduduk terhadap dampak pembangunan PLTU pada awalnya membuat pro kontra bagi warga setempat. masyarakat sangat antusias di lain sisi PLTU dapat membantu masyarakat untuk menaikkan taraf ekonomi disatu sisi lainnya PLTU membuat perekonomian petani dan nelayan menurun. Saran bagi pihak PLTU Batang, untuk selalu menjalin komunikasi dengan baik antar masyarakat sehingga PLTU dan masyarakat dapat bekerjasama serta agar tercipta lingkungan yang lebih baik bagi keduanya. Bagi pihak masyarakat jika ingin menyalurkan aspirasi dilakukan dengan cara kekeluargaan agar tidak menimbulkan hal-hal yang merugikan. Bagi tokoh masarakat agar bisa menjadi pihak penengah antara PLTU dan masyarakat sehingga dapat terjalin hubungan yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, PLTU, Sosial Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:57
Last Modified: 02 Mar 2023 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56424

Actions (login required)

View Item View Item