PERUBAHAN POLA PEMBELAJARAN IPS PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BAWEN KABUPATEN SEMARANG


Muh Hanif Rosyid Noor, 3601417007 (2022) PERUBAHAN POLA PEMBELAJARAN IPS PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417007 - Muh Hanif Rosyid Noor.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 membawa dampak pada segala aspek salah satunya adalah bidang pendidikan. Hal tersebut menyebabkan adanya perubahan khususnya pada pola pembelajarannya. Proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online, sesuai dengan peraturan atau anjuran dari pemerintah, namun kondisi tersebut bisa berubah melihat dari kondisi perkembangan covid-19. Salah satu sekolah yang terkena dampak adanya perubahan pembelajaran akibat adanya covid19 adalah SMP Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang. Di sekolah tersebut terdapat perubahan yang signifikan khususnya dalam proses pembelajaran antara sebelum dan saat adanya pandemi, salah satunya pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis perubahan pola IPS di era pandemi (2) mengetahui platform yang digunakan IPS di era pandemi; dan (3) menjelaskan kendala guru terhadap pola pembelajaran IPS di era pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru IPS dan siswa. Data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik/metode. Teknik analisis data ini menggunakan model analisis data interaktif meliputi, tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa (1) terdapat perubahan pola pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bawen antara sebelum dan saat pandemi. Pola perubahan tersebut terdapat di (a) perencanaan, sebelum pandemi perencanaan guru membuat satu rancangan rencana pembelajaran, namun saat pandemi guru membuat dua rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan, menerapkan sistem dua versi ada yang tatap muka dan online atau daring artinya metode yang digunakan berbeda pula yakni discovery learning jarak jauh untuk yang daring. Sistem dua versi di SMP Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang ini artinya setengah dari jumlah siswa ada yang belajar secara online dan tatap muka, (c) evaluasi, jika sebelum pandemi hanya diberikan tugas seperti setelah proses pembelajaran, namun saat pandemi ada namanya LKPD atau lembar kerja peserta didik itu sejenis kumpulan soal. (2) platform yang digunakan diantaranya whatsapp group, google clasroom, google form, youtube dan video conference platform tersebut dijadikan guru sebagai media pembelajaran saat pandemi. (3) kendala yang dialami diantaranya adalah adaptasi guru, guru dianggap masih belum sepenuhnya menyesuaikan dengan adanya pandemi; sarana dan prasarana, keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah, guru maupun siswa; motivasi, guru dituntut lebih siap menerima kebijakan baru ; dan pengawasan, karena pembelajaran dilakukan dua versi maka guru kesulitan untuk melakukan pengawasan sepenuhnya kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Pola Pembelajaran, IPS dan Pandemi Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:48
Last Modified: 02 Mar 2023 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56423

Actions (login required)

View Item View Item