IMPLEMENTASI KONSEP MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BELIK KABUPATEN PEMALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Aeri Seresetiyani, 3601417002 (2022) IMPLEMENTASI KONSEP MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BELIK KABUPATEN PEMALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417002 - Aeri Seresetiyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan proses penyusunan RPP sesuai konsep merdeka belajar oleh guru IPS di SMP N 1 Belik selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). (2) Menjelaskan proses pelaksanaan pembelajaran IPS sesuai konsep merdeka belajar di SMP N 1 Belik selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). (3) Menjelaskan evaluasi pelaksanaan implementasi konsep merdeka belajar pada pembelajaran IPS di SMP N 1 Belik selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan (1) Dalam proses penyusunan RPP selama Pembelajaran Jarak Jauh guru IPS di SMP Negeri 1 Belik membuat RPP dengan format satu lembar sesuai konsep merdeka belajar yang diarahkan oleh Kemendikbud, dimana dalam penyusunan RPP tersebut guru bekerjasama dengan forum MGMP IPS yang selanjutnya didiskusikan kembali bersama guru IPS SMP N 1 Belik untuk menyesuaikan RPP dengan pertimbangan kondisi sekolah serta fasilitas penunjang untuk pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Belik, penyusunan RPP satu lembar ini meringankan guru dalam penyusunannya namun ini juga menjadi tantangan bagi guru IPS dalam penyusunan RPP satu lembar karena guru IPS harus bisa menentukan skema pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Belik selama Pembelajaran Jarak Jauh yaitu melalui grup Whatsapp yang dibuat khusus untuk masing-masing mata pelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh guru mempunyai kebebasan berpikir dalam pemilihan strategi pembelajaran, media pembelajaran hingga sistem penilaian yang sesuai tanpa membebani peserta didik. Dan peserta didik juga dapat mengembangkan kemampuan diri sendiri seperti kemampuan berinovasi dalam menjawab pertanyaan. (3) Evaluasi pelaksanaan implementasi konsep merdeka belajar pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Belik selama Pembelajaran Jarak Jauh dilakukan mengacu pada RPP yang telah dibuat oleh guru dimana terdapat 3 komponen yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Selain itu evaluasi pembelajaran juga dilakukan secara berkala oleh kepala sekolah kepada guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:10
Last Modified: 02 Mar 2023 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56422

Actions (login required)

View Item View Item