PENGARUH KEBERADAAN INDUSTRI DAN ROB TERHADAP SIKAP SOSIAL PADA MASYARAKAT DI DESA GEMULAK KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK


Siti Mubarokah, 3601416037 (2022) PENGARUH KEBERADAAN INDUSTRI DAN ROB TERHADAP SIKAP SOSIAL PADA MASYARAKAT DI DESA GEMULAK KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601416037 - Siti Mubarokah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Sayung merupakan salah satu dari dari 14 Kecamatan di Kabupaten Demak yang menjadi pusat pembangunan industri. Hal ini dikarenan lokasinya yang strategis yaitu berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Mas dan jalan tol Semarang Demak yang saat ini sedang proses pembangunan. Persebaran kawasan industri di Kecamatan Sayung nampaknya sudah menyebar luas hingga sampai di wilayah Desa Gemulak, rencananya Desa Gemulak akan dikelilingi kawasan industri Bintoro. Mulanya masyarakat Desa Gemulak tidak menerima persebaran kawasan industri ini karena daerah tersebut yang subur dan strategis, namun lambat laun banjir rob datang yang akhirnya membuat masyarakat jadi resah dan gelisah. Banjir rob membawa kerugian banyak bagi masyarakat Desa Gemulak, selain finansial juga berdampak pada kesehatan yang mengharuskan masyarakat mau tidak mau harus mampu beradaptasi dengan lingkungan alam yang berubah. Akhirnya masyarakat menyetujui pembangunan kawasan industri didaerahnya yang harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan sosial masyarakat khususnya pada sikap sosial masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keberadaan Industri dan Rob terhadap sikap sosial pada masyarakat di Desa Gemulak Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantiatif dengan teknik observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Lokasi penelitian ini adalah di Desa Gemulak, Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Variabel dalam penelitian ini adalah keberadaan industri, rob, dan sikap sosial masyarakat. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase; uji prasyarat yang meliputi uji normalitas; uji asumsi klasik yang meliputi uji muktikolinieritas dan heteroskedasitas; dan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keberadaan industri terhadap sikap sosial yang didapatkan dari nilai thitung sebesar 4.398 dan ttabel sebesar 1,671 (thitung>ttabel) taraf signifikansi sebesar 0,003 (<0,05) sehingga dapat dijelaskan bahwa H1 diterima hasilnya adalah tingginya keberadaan industri semakin menurunkan Sikap Sosial. Terdapat pengaruh negatif bencana rob terhadap sikap sosial yang didapatkan dari nilai thitung sebesar -3.016 dan ttabel sebesar 1,671 (thitung>ttabel) taraf signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) artinya semakin tinggi peristiwa bencana rob semakin meningkatkan sikap sosial masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keberadaan Industri, Rob, Sikap Sosial Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:38
Last Modified: 02 Mar 2023 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56418

Actions (login required)

View Item View Item