KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTs AL ASROR SEMARANG (Studi Pada Pembelajaran E-Learning Selama Pandemi Covid-19)


Ari Pratiwi, 3601415008 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTs AL ASROR SEMARANG (Studi Pada Pembelajaran E-Learning Selama Pandemi Covid-19). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601415008 - Ari Pratiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan suatu bangsa, khususnya jenjang pendidikan dasar. Kreativitas guru sangat diperlukan dalam pembelajaran, khususnya dalam materi pembelajaran tentang sosial. Masalah dalam penelitian tentang bagaimana kreativitas guru dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Asror Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas guru dalam pembelajaran Ips. Manfaat dari manfaat teoretis dan praktis terutama bagi guru dan siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Al-Asror Semarang. Adapun sasaran penelitian pada kreativitas guru pembelajaran IPS di MTs. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah kreativitas guru melalui pembelajaran Ips melalui e-learning di MTs Al-Asor Semarang dilakukan dengan analisis pribadi, proses, press, dan produk dan faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam pembelajaran,media dan fasilitas, pemanfaatan sarana, platform pembelajaran daring menggunakan sistem daring mulai dari zoom, goggle form, whatsap grup, youtube dan poturn untuk pembelajaran IPS di era pandemi covid19. Saran dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik khususnya untuk pembelajaran IPS harus memperhatikan kreativitas dalam proses pembelajaran dan memperhatikan faktor yang mempengaruhi keseuksesan pembelajaran berbasis e-learning

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru,Pembelajaran Ips, E-learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:17
Last Modified: 01 Mar 2023 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56414

Actions (login required)

View Item View Item