Implementasi Keterampilan Dasar Konseling Guru BK SMK Kota Semarang


Mulawarman, - Implementasi Keterampilan Dasar Konseling Guru BK SMK Kota Semarang. Jurnal Consulenza: Bimbingan Konseling Psikologi.

[thumbnail of 53. Implementasi Keterampilan Dasar Konseling Guru BK SMK Kota Semarang (Conzuleza) - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (558kB)

Abstract

Penelitian bertujuan : (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat pemahaman dan penerapan dasar komunikasi konseling oleh konselor sekolah di SMK Kota Semarang, dan (2) untuk mengajukan salah satu alternatif dalam peningkatan kompetensi, agar konselor sekolah dapat memahami dan menerapkan dasar komunikasi konseling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif deskriptif dengan metode survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah non-tes, yaitu dengan memberikan angket Keterampilan Dasar Konseling terdiri dari 30 butir pernyataan dengan empat pilihan dalam skala likert. Berdasarkan uji relibialitas dengan perhitungan cronbach’s alpha angket yang disusun memiliki reliabilitas sebesar 0,846. Berdasarkan uji validitas dengan korelasi product momen (Pearson) terdapat tiga item tidak valid dan kemudian diabaikan. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pengukuran kuartil. Populasi penelitian adalah konselor sekolah SMK Kota Semarang, sampling yang dilakukan dengan cara random melibatkan 72 orang sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 26% konselor sekolah dalam pemahaman dan penerapan dasar konseling, 23% cukup, 23% kurang, dan 26% dinilai kurang sekali. Lima aspek terendah dalam penerapannya adalah: (1) meningkatkan harga diri klien; (2) merencanakan pada tahap akhir konseling; (3) ikut merasakan apa yang dirasakan klien/konseli, merasa dan berpikir bersama klien; (4) menciptakan suasana yang nyaman pada tahap awal konseling; dan (5) menantang konseli untuk melihat inkonsistensi dalam perkataan dan perbuatan. Peningkatan kompetensi profesional konselor sekolah SMK dalam pemahaman dan penerapan dasar konseling attending adalah penting dilakukan. Rekomendasi kepada konselor sekolah adalah untuk lebih meningkatkan aspek-aspek keterampilan dasar konseling yang diteliti. Kepada peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan penelitian ini dengan metode yang berbeda dan lebih khusus pada aspek-aspek konseling lainnya..

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:48
Last Modified: 28 Feb 2023 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56390

Actions (login required)

View Item View Item