EFEKTIFITAS KONSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS SISWA


Mulawarman, - EFEKTIFITAS KONSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MEREDUKSI AGRESIVITAS SISWA. Jurnal Fokus Konseling.

[thumbnail of 52. Efektifitas Konseling Motivational Interviewing untuk Mereduksi Agresivitas Siswa - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling Motivational Interviewing dalam mengurangi agresivitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest menggunakan tindakan berulang. Subjek penelitian adalah 6 siswa yang mengalami tingkat agresi tinggi dengan menggunakan teknik analisa data ANOVA. Konseling Motivational Interviewing dilakukan dalam 4 sesi untuk setiap konseli dalam bentuk konseling individu. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata T1 dari 94,33 (SD = 3,14) yang kemudian tiba pada pengukuran T4 yang diperoleh dengan rata-rata 47,5 (4,59). Oleh karena itu, secara umum, konseling Motivational Interviewing efektif dalam mengurangi agresivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada seluruh guru bimbingan dan konseling untuk bisa menerapkan metode ini sebagai upaya mereduksi agresivitas siswa di sekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Agresif, Motivational Interviewing, Konseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:29
Last Modified: 28 Feb 2023 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56388

Actions (login required)

View Item View Item