PEWARISAN PENGETAHUAN SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA KELUARGA DI ERA GLOBALISASI (STUDI PADA KELUARGA PANDE WESI DI DESA SENDANGHARJO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN)


Risa Fauziana Kufita, 3401418027 (2022) PEWARISAN PENGETAHUAN SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA KELUARGA DI ERA GLOBALISASI (STUDI PADA KELUARGA PANDE WESI DI DESA SENDANGHARJO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401418027_Risa Fauziana Kufita - Risa Fauziana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap eksistensi pandai besi. Kendati demikian, pandai besi di Desa Sendangharjo masih dapat bertahan sampai saat ini dengan melakukan proses pewarisan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi latar belakang keluarga di Desa Sendangharjo, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan memilih profesi sebagai pandai besi; 2) menganalisis proses keluarga pandai besi di Desa Sendangharjo mewariskan pengetahuan dan keahlian mereka kepada anakanaknya; 3) menganalisis tantangan keluarga pandai besi dalam melakukan pewarisan pengetahuan dan keterampilan mereka kepada anak-anaknya di era globalisasi; 4) mengidentifikasi strategi keluarga pandai besi dalam melakukan pewarisan pengetahuan dan keterampilan mereka kepada anak-anaknya di era globalisasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Sendangharjo, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan sejak 10 Januari sampai 6 Maret 2022. Informan dalam penelitain ini sebanyak 17 orang. Pelaksanaan teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan 1) alasan masyarakat di Desa Sendangharjo memilih menjadi pandai besi karena ketersediaan sumber daya alam yang melimpah, keterbatasan kemampuan ekonomi, peluang usaha pandai besi, dan melanjutkan usaha orang tua. 2) Proses pewarisan pengetahuan dilakukan dalam tiga tahap yaitu internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi yang mana masing-masing keluarga mengalami proses belajar yang berbeda-beda. 3) Tantangan yang dihadapi keluarga pandai besi dalam proses pewarisan pengetahuan di era globalisasi meliputi krisis regenerasi, persaingan global, penurunan jumlah konsumen. 4) Strategi yang dilakukan adalah melibatkan anak dalam proses produksi, mempertahankan kualitas dengan branding produk, pemanfaatan teknologi untuk menunjang produksi pandai besi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa globalisasi memberikan dampak terhadap proses pewarisan pengetahuan pada keluarga pandai besi di Desa Sendangharjo. Oleh sebab itu, mereka melakukan suatu strategi sehingga pengetahuan tersebut dapat diterima generasi penerus dan siap meneruskan usaha keluarga. Saran yang dapat diberikan yaitu, pemerintah Desa Sendangharjo sebaiknya memberikan dukungan kepada pandai besi berupa bantuan modal dan melakukan sosialisasi terkait pengembangan usaha dalam hal produksi dan distribusi. Keluarga pandai besi sebaiknya melakukan inovasi, mengikuti permintaan pasar, dan memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang usaha pandai besi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pandai Besi, Pewarisan Pengetahuan, Usaha Keluarga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:04
Last Modified: 28 Feb 2023 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56381

Actions (login required)

View Item View Item