PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG COVID-19 DALAM PERILAKU PENCEGAHAN SELAMA KEHAMILAN DI KELURAHAN NONGKOSAWIT KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Sri Rahayu, 3401418005 (2022) PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG COVID-19 DALAM PERILAKU PENCEGAHAN SELAMA KEHAMILAN DI KELURAHAN NONGKOSAWIT KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401418005 - Sri Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada pandemi COVID-19 ibu hamil di Kelurahan Nongkosawit cukup mengkhawatirkan, salah satunya berdampak pada pelayanan Antenatal Care sehingga menghambat pada pemeriksaan kehamilan. COVID-19 memiliki resiko buruk bagi ibu hamil dan janin karena dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang COVID-19, 2) mengetahui perilaku pencegahan ibu hamil terhadap COVID-19 selama kehamilan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil di Kelurahan Nongkosawit sejumlah 6 orang dan 4 masyarakat Nongkosawit sebagai informan pendukung yaitu bidan, dokter umum, orang tua, dan suami dari ibu hamil. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan konsep faktor-faktor pengetahuan kesehatan dan konsep faktor-faktor perilaku kesehatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ibu hamil di Kelurahan Nongkosawit mendapatkan pengetahuan tentang penyakit COVID-19 dari internet, facebook, Instagram, YouTube, acara berita COVID-19 di televisi sebagai faktor informasi yang utama, kemudian faktor lingkungan Nongkosawit dengan kasus COVID-19, faktor pengalaman sakit greges meriang dengan asumsi serupa sakit COVID-19, dan pengalaman merawat anggota keluarga sakit COVID-19 juga sebagai faktor mendapatkan pengetahuan tentang COVID-19. 2)Faktor pendukung perilaku pencegahan COVID-19 dalam menjaga kesehatan, ibu hamil di Nongkosawit rajin mencuci tangan dan memakai masker medis saat pemeriksaan ANC secara langsung di Klinik Larisa Husada, Klinik Namira, atau Puskesmas Gunungpati walaupun kehamilan besar sering mengalami sesak napas, kemudian vaksinasi COVID-19, olahraga jalan pagi, berjemur pagi, pengkonsumsian vitamin C sebagai bentuk menjaga imun tubuh tetap sehat, serta faktor pendorong yaitu bidan, dokter kandungan, orang tua sebagai referensi ibu hamil di Nongkosawit dalam berperilaku maupun mendampingi merawat kesehatan ibu hamil selama kehamilan pada masa pandemi COVID-19. Saran peneliti dari kajian ini adalah kepada pemerintah Kota Semarang, diharapkan adanya kebijakan baru dibuat pada masa pandemi COVID-19 seperti peraturan protokol kesehatan, sosialisasi terhadap masyarakat tentang COVID-19, vaksinasi COVID-19, maupun kebijakan lainnya, bahwa peran pemerintah dapat senantiasa berjalan dan selalu peduli kepada masyarakat atas terjadinya pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kesehatan, COVID-19, Ibu Hamil, Perilaku Pencegahan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:50
Last Modified: 27 Feb 2023 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56370

Actions (login required)

View Item View Item