PERAN KELOMPOK TANI BERGEMA DALAM MENGEMBANGKAN INOVASI PERTANIAN ANGGOTA (STUDI DI DESA PATAKBANTENG KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO)


Feri Salsabiila, 3401417058 (2022) PERAN KELOMPOK TANI BERGEMA DALAM MENGEMBANGKAN INOVASI PERTANIAN ANGGOTA (STUDI DI DESA PATAKBANTENG KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401417058 - Feri Salsabiila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran kelompok tani diharapkan dapat membantu pengembangan kemampuan anggotanya. Meskipun demikian banyak usaha tani yang belum memiliki peran seperti yang diharapkan. Terkait dengan hal tersebut, dalam penelitian ini dipelajari peran kelompok tani Bergema dalam mengembangkan inovasi pertanian. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peran kelompok tani Bergema dalam mengembangkan inovasi pertanian anggotanya. (2) mengetahui apa saja kendala yang dihadapi kelompok tani Bergema dalam mengembangkan inovasi pertanian anggotanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Patakbanteng Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Validitas data penelitian menggunakan triangulasi data. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran kelompok tani Bergema yaitu Kelompok tani sebagai wadah aspirasi atau musyawarah, meningkatkan pendapatan anggotanya, tempat berkembang pengetahuan, keterampilan, serta gotong royong berusaha tani pada anggota, dan Motivasi anggota dalam mengembangkan usaha. (2) Kendala yang dihadapi kelompok tani Bergema dalam mengembangkan inovasi pertanian anggotanya yaitu Kendala ekonomi, Kendala alat dan teknologi, Kendala pendidikan, dan Kendala teknis dan non teknis. Saran kepada petani harus mengikuti kegiatan kelompok tani dengan baik guna meningkatkan pengetahuan bertani modern. Saran untuk kelompok tani meningkatkan produksi pupuk atau obat agar anggota lebih menghemat modal. Saran bagi pemerintah untuk lebih meningkatkan peran pemerintah dalam pemberdayaan kelompok tanipemerintah harus lebih rutin dalam pendampingan pelatihan sehingga masyarakat petani lebih paham dalam meningkatkan kualitas produksi. Meningkatkan pengetahuan petani sehingga dapat menerapkan teknologi yang modern dalam pertaniannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelompok tani, Inovasi, Pengembangan bisnis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:01
Last Modified: 27 Feb 2023 01:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56364

Actions (login required)

View Item View Item