PEMBAGIAN KERJA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PETERNAK SAPI PERAH (Studi Kasus di Desa Singosari Kabupaten Boyolali)


Irin Susilowati, 3401417038 (2022) PEMBAGIAN KERJA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PETERNAK SAPI PERAH (Studi Kasus di Desa Singosari Kabupaten Boyolali). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401417038 - Irin Susilowati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Desa Singosari merupakan desa yang masyarakatnya bermata pencaharian sebagai peternak sapi perah. Usaha peternakan sapi perah dipilih masyarakat karena sesuai dengan kondisi alam Desa Singosari, dan hasil peternakan sapi perah dapat mencukupi kebutuhan keluarga. Pengelolaan peternakan sapi perah melibatkan anggota keluarga sebagai pemilik sekaligus pekerja. Hal ini untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kondisi sosial ekonomi peternak sapi perah di Desa Singosari, 2) Mengetahui pembagian kerja dalam meningkatkan ekonomi keluarga peternak sapi perah di Desa Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Singosari, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang dilakukan menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi sosial ekonomi keluarga peternak sapi perah di Desa Singorasi dapat dilihat dari indikator mata pencaharian, pendapatan, pendidikan, dan kesejahteraan keluarga. 2) Pembagian kerja dalam keluarga peternak sapi perah menunjukkan bahwa istri memiliki peran lebih tinggi pada kegiatan produksi dibandingkan suami dan anak pada usaha peternakan sapi perah, namun masih terbatas pada aspek akses dan pengambilan keputusan yang lebih dominan pada peran suami. Pembagian kerja yang dilakukan membuat pekerjaan lebih mudah, efisiensi waktu, menghemat pengeluaran untuk membayar pekerja diluar anggota keluarga sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Saran dari penelitian ini adalah 1) Bagi masyarakat sebaiknya dalam hal pembagian kerja dalam keluarga yang digunakan kiranya ditata dengan teliti demi terciptanya keluarga yang harmonis dan sejahtera, 2) Bagi peternak sapi perah sebaiknya menambah pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola susu segar menjadi produk jadi untuk meningkatkan pendapatan, 3) Bagi pemerintah Desa Singosari sebaiknya mengawasi lebih jauh mengenai kegiatan kelompok tani ternak agar pembinaan dan pengelolaan pekerja ternak sapi perah lebih ditingkatkan lagi untuk menghasilkan peternak sapi perah yang maju.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Keluarga, Pembagian Kerja, Peternak Sapi Perah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:23
Last Modified: 24 Feb 2023 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56358

Actions (login required)

View Item View Item