KONSTRUKSI SOSIAL PERILAKU LAKI-LAKI DALAM MENGKONSUMSI PRODUK PERAWATAN TUBUH (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)


Siti Masruroh, 3401417032 (2022) KONSTRUKSI SOSIAL PERILAKU LAKI-LAKI DALAM MENGKONSUMSI PRODUK PERAWATAN TUBUH (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401417032 - Siti Masruroh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konstruksi Gender yang lekat dengan adanya stereotip maskulin dan feminim dalam lingkungan masyarakat selalu mengkotak-kotakan laki-laki dan perempuan dalam segala bidang kehidupan. Adanya konstruksi Gender ini mendorong penulis untuk mengkaji fenomena mahasiswa laki-laki yang mengonsumsi produk perawatan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pemaknaan laki-laki terhadap penggunaan produk perawatan tubuh. 2) Mengetahui perilaku laki-laki dalam mengonsumsi produk perawatan tubuh di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber, konsep konstruksi sosial, dan konsep stereotip gender. Hasil penelitian menunjukan adanya konstruksi terkait perawatan tubuh dan penggunaan produk perawatan tubuh yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan adanya konstruksi perilaku mahasiswa laki-laki yang mengkonsumsi produk dalam kehidupan sehari-hari secara berulang-ulang sehingga membentuk sebuah kebiasaan dan rutinitas. Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah perawatan tubuh dan penggunaanya tidak hanya dilakukan oleh perempuan, namun seiring berjalannya waktu dilakukan oleh laki-laki. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan stereotip gender yang melekat dalam kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Laki-Laki, Permaknaan, Pola Perilaku, Produk Perawatan Tubuh
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:04
Last Modified: 24 Feb 2023 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56356

Actions (login required)

View Item View Item