Disertasi: MODEL PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PONDOK PESANTREN MODEREN DI JAWA TENGAH BERBASIS INTELLECTUAL STIMULATION FINANCIAL ACCOUNTABILITY DAN SUSTAINABILITY DEVELOPMENT


Arief Yulianto, FE Manajemen (2021) Disertasi: MODEL PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PONDOK PESANTREN MODEREN DI JAWA TENGAH BERBASIS INTELLECTUAL STIMULATION FINANCIAL ACCOUNTABILITY DAN SUSTAINABILITY DEVELOPMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penguji Doktor Eksternal di Unisula.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

Masalah mendasar manajemen keuangan adalah tentang usaha-usaha yang dilakukan organisasi dalam mengendalikan aktivitas keuangan (Basantsov, 2014). Pengendalian ini akan sangat bergatung pada tata kelola organisasi khususnya akuisisi, pembiayaan, serta pengelolaan aktiva untuk mencapai tujuan organisasi (Horne dan John, 2005). Bagi organisasi budaya klan, kerangka perilakunya akan mengikuti budaya yang diwariskan secara turun-menurun (Choo et al., 2008; Oliver, 2004). Dimana, pengendalian aktivitas keuangannnya melalui nilai, kepercayaan, serta pemikiran fisiologis dan sosiologis pendiri organisasi dalam mengambil keputusan (Robbins et al., 2011). Informasi budaya berkaitan dengan konseptual budaya organisasi seperti informasi literasi, pembelajaran, dan komunikasi (Bauchspies, 1998; Gendina, 2004; Hover, 2007; Kouznetsova, 2006; Leonhardt, 1988; dan Szecskȍ, 1986). Budaya dalam organisasi clan culture akan mewakili ciri khas tertentu seperti: sikap, kepercayaan, dan perilaku, terutama dalam penggunaan informasi dalam organisasi (Leidner, 2003). Organisasi Islam akan mengeksplorasi budaya Islam dalam sistem manajemen keuangan organisasi (Ahmad & Ogunsola, 2011). Arsyianti & Beik (2007) mengungkapkan sentral sistem manajemen keuangan organisasi budaya klan terletak pada "itqan" dan "ihsan". Dimana hal ini merepresentasikan nilai budaya Islam yang dibawa pendiri organisasi dalam benak stakeholder (Ali, 2007). Sehingga domain kinerja organisasi, baik keuangan atau kinerja yang lainnya, akan merujuk pada literasi pemahaman penafsiran Al-Quran, Al-Hadist, ijma, dan referensi kitab-kitab lainnya sebagai sebuah panduan dalam aktivitas organisasi (Al-Ajmi et al., 2009; Nayyab et al., 2011; Hanafizadeh et al., 2014).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Waste Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:47
Last Modified: 23 Feb 2023 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56342

Actions (login required)

View Item View Item