PENGETAHUAN DAN PERILAKU ANAK JALANAN DALAM PENCARIAN PENGOBATAN KETIKA SAKIT (Studi pada Anak Jalanan di Kabupaten Tangerang)


Samara Nisfiyatul Salma, 3401417005 (2022) PENGETAHUAN DAN PERILAKU ANAK JALANAN DALAM PENCARIAN PENGOBATAN KETIKA SAKIT (Studi pada Anak Jalanan di Kabupaten Tangerang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401417005_Samara Nisfiyatul Salma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena anak jalanan sudah berkembang sejak lama, bahkan keberadaan anak jalanan saat ini menjadi perhatian dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki permasalahan terkait anak jalan. Keberadaaan anak jalanan menjadi fenomena sosial yang menarik ditinjau dari sudut pandang antropologi kesehatan dengan melihat perilaku anak jalanan dalam memahami konsep sehat, sakit, dan penyakit. Tujuan penelitian ialah: 1) untuk mengetahui konsep sakit menurut anak jalanan di Kabupaten Tangerang, 2) untuk mengetahui pengetahuan pengobatan anak jalanan ketika sakit di Kabupaten Tangerang, 3) untuk mengetahui pencarian pengobatan pada anak jalanan ketika sakit di Kabupaten Tangerang, dan 4) untuk mengetahui pencegahan sakit yang dilakukan anak jalanan ketika sakit di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yang diamati dalam penelitian ini adalah anak jalanan yang berada di wilayah Cikupa,Citra Raya, dan Tigaraksa. Informan utama terdiri dari enam orang, dan informan pendukung ada dua orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep sehat dan sakit yang dimiliki anak jalan dalam penelitian ini berkaitan dengan faktor subjektivitas dan kultural yang terdapat di lingkungan mereka tinggal. Anak jalanan juga percaya bahwasanya sehat tidak hanya berdasar pada kondisi fisik saja, tetapi psikis dan sosial juga memiliki pengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang; 2) anak jalanan dalam penelitian ini mengidentifikasi kesehatan melalui pengalaman yang didapatkan dari teman atau orang di sekitarnya; 3) anak jalanan dalam penelitian ini melakukan pencarian pengobatan ketika sakit dengan melakukan swamedikasi kemudian mendatangi pelayanan kesehatan; dan 4) anak jalanan dalam penelitian ini tetap berupaya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. Perilaku yang dilakukan agar segera sembuh oleh anak jalanan dalam penelitian ini yakni dengan makan yang cukup, istirahat yang cukup, dan minum banyak air dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Saran yang diajukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Tangerang yaitu hendaknya tetap memberikan jaminan kesehatan kepada anak jalanan dan memberikan penyuluhan mengenai kesehatan karena mereka sangat rentan terkena penyakit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak Jalanan, Pencarian Pengobatan, Pengetahuan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:56
Last Modified: 22 Feb 2023 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56325

Actions (login required)

View Item View Item