IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SEKOLAH BERBASIS ISLAM DI MADRASAH ALIYAH QUDSIYYAH KUDUS


Pijar Kinasih Gusti, 3401415060 (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SEKOLAH BERBASIS ISLAM DI MADRASAH ALIYAH QUDSIYYAH KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401415060 - Pijar Kinasih Gusti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Diketahui bahwa sekolah berbasis Islami memiliki keunikan tersendiri yang sudah pasti berbeda dengan sekolah formal dalam penanaman pendidikan karakter di sekolah, dikarenakan pentingnya pendidikan karakter di Era modern seperti sekarang ini bagi siswa di sekolah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui bagaimana model implementasi nilai nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Qudsiyyah Kudus, 2) Mengetahui pengetahuan siswa tentang implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang sudah diterapkan di Madrasah Aliyah Qudsiyyah Kudus, 3) Mengetahui bagaimana kendala proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Qudsiyyah Kudus. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Qudsiyyah Jl. Menara Gg. Kerjasan, Pejaten, Kerjasan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Qudsiyyah melalui program-program kegiatan khusus yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dan yayasan. Sumber data pada penelitian ini akan dilakukan kepada siswa, guru dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu model implementasi nilai nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu 1) Nilai karakter terhadap Tuhan, 2) Nilai karakter terhadap diri sendiri, 3) Nilai karakter terhadap sesama, 4) Nilai karakter terhadap lingkungan, 5) Nilai karakter terhadap kebangsaan. Pengetahuan siswa tentang implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang sudah diterapkan yaitu sebagian besar siswa sudah mengetahui macam-macam pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, cerdas, hidup sehat dan bersih, peduli, kreatif, rasa gotong royong, ikhlas, kerja keras, dan tanggung jawab. Kendalanya yaitu 1) Kasus jarang masuk sekolah, 2) Membolos sekolah, 3) Sering terlambat masuk sekolah, penyelesaiannya siswa harus mempunyai rasa tanggung jawab dalam belajar dan membagi waktu agar masalah dalam keterlambatan siswa berkurang dan menjadi siswa yang disiplin berangkat ke sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Sekolah Berbasis Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:35
Last Modified: 22 Feb 2023 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56321

Actions (login required)

View Item View Item