KEHIDUPAN EKONOMI ENTREPRENEUR AGROBISNIS DI KAWASAN DESTINASI AGROWISATA (Studi Di Desa Wisata Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga)


Efvi Nurhidayah, 3401415016 (2022) KEHIDUPAN EKONOMI ENTREPRENEUR AGROBISNIS DI KAWASAN DESTINASI AGROWISATA (Studi Di Desa Wisata Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401415016  - efvi nurhidayah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya destinasi agrowisata di pedesaan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat secara ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan sekitar. Pengalihan fungsi lahan Desa Serang menjadi tempat destinasi agrowisata buah stroberi tersebut memunculkan para entrepreneur yang bergerak dibidang agrobisnis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kehidupan ekonomi entrepreneur agrobisnis di kawasan destinasi agrowisata Desa Serang, (2) mengetahui kendala yang dihadapi oleh entrepreneur agrobisnis di kawasan destinasi agrowisata Desa Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada informan. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Pengalihan fungsi lahan Desa Serang menjadi agrowisata telah memunculkan entrepreneur agrobisnis yang tampak pada masyarakat dengan bertambahnya variasi mata pencaharian seperti petani stroberi, pedagang buah dan pengepul, serta pengelola agrobisnis yang membantu meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat. (2) Kendala yang dihadapi entrepreneur agrobisnis adalah sebagai berikut: minimnya pengetahuan tentang pengembangan agrobisnis, kurangnya jaringan distribusi dan relasi pasar penyedia produk pertanian, terjadinya fluktuasi pada hasil panen akibat cuaca dan fluktuasi harga hasil panen, serta kurangnya kreativitas pelaku usaha untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diajukan saran sebagai berikut: (1) Entrepreneur agrobisnis di Desa Serang perlu meningkatkan pengetahuan untuk mengembangkan dan memperluas jaringan usahanya. (2) Entrepreneur agrobisnis perlu menerapkan konsep agrowisata yang lebih menarik bagi pengunjung untuk mendukung pengembangan agrowisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kehidupan Ekonomi, Entrepreneur Agrobisnis, Agrowisata
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:24
Last Modified: 22 Feb 2023 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56319

Actions (login required)

View Item View Item