(ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DIALOG INTERAKTIF MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DENGAR-TULIS PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 4 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010


Retno Susilowati, 2101405724 (2009) (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DIALOG INTERAKTIF MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DENGAR-TULIS PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 4 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DIALOG INTERAKTIF MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL  DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DENGAR-TULIS  PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 4 BANJARNEGARA  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DIALOG INTERAKTIF MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DENGAR-TULIS PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 4 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (54kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa tingkat keterampilan menyimak dialog interaktif siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan menyimak dialog interaktif disebabkan oleh faktor teknik pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai. Guru masih menerapkan pola pembelajaran yang monoton yaitu berupa ceramah dan perintah sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menyimak dialog interaktif tersebut, peneliti memberikan solusi dengan penggunaan media audiovisual dan menggunakan teknik dengar-tulis. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan menyimak dialog interaktif pada siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Banjarnegara setelah dilakukan pembelajaran menyimak melalui media audiovisual dengan menggunakan teknik dengar-tulis? (2) bagaimana perubahan sikap dan perilaku siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Banjarnegara terhadap pembelajaran menyimak setelah mengikuti pembelajaran menyimak dialog interaktif melalui media audiovisual dengan menggunakan teknik dengar-tulis? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menyimak dialog interaktif pada siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Banjarnegara setelah dilakukan pembelajaran menyimak dialog interaktif melalui media audiovisual dengan menggunakan teknik dengar-tulis; (2) mendeskripsi perubahan perilaku pada diri siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Banjarnegara terhadap pembelajaran menyimak setelah mengikuti pembelajaran menyimak dialog interaktif melalui media audiovisual dengan menggunakan teknik dengar-tulis. Subjek dalam penelitian ini yaitu keterampilan menyimak dialog interaktif pada siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Banjarnegara tahun ajaran 2009/2010.Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan menyimak dialog interaktif dan teknik dengar-tulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan menyimak dialog interaktif setelah mengikuti pembelajaran menyimak dialog interaktif melalui media audiovisual dengan menggunakan teknik dengar-tulis terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes keterampilan menyimak dialog interaktif melalui media audiovisual dengan menggunakan teknik dengar-tulis prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 50,29 dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,14. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 10,85 poin. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,29. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,15 poin . Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil data nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan yaitu (1) bagi siswa, penelitian ini diharapkan dapat menciptakan kegiatan belajar yang menarik motivasi siswa dan tidak membosankan serta menumbuh kembangkan kreativitas siswa agar dapat belajar secara aktif dan serius; (2) bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat memperkaya dan memberikan alternatif teknik dan teknik pembelajaran menyimak dialog interaktif; (3) bagi pemerhati dan peneliti bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik pembelajaran menyimak dialog interaktif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyimak, dialog interaktif, media audiovisual, teknik dengar tulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2011 05:08
Last Modified: 19 Oct 2011 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5631

Actions (login required)

View Item View Item