Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi pH Larutan Campuran Asam dan Basa Melalui Lembar Kerja Mandiri Kelompok Remidi Kelas XI semester 3 SMK Kimia Industri Theresiana Semarang Tahun Ajaran 2005 / 2006


Leonardus Annies Widya P., 4314000034 (2006) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi pH Larutan Campuran Asam dan Basa Melalui Lembar Kerja Mandiri Kelompok Remidi Kelas XI semester 3 SMK Kimia Industri Theresiana Semarang Tahun Ajaran 2005 / 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi pH Larutan Campuran Asam dan Basa Melalui Lembar Kerja Mandiri Kelompok Remidi Kelas XI semester 3 SMK Kimia Industri Theresiana Semarang Tahun Ajaran 2005 / 2006]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi pH Larutan Campuran Asam dan Basa Melalui Lembar Kerja Mandiri Kelompok Remidi Kelas XI semester 3 SMK Kimia Industri Theresiana Semarang Tahun Ajaran 2005 / 2006) - Published Version
Download (993kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pada pengalaman pribadi peneliti, peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal uraian yang membutuhkan hitungan, apalagi bila hitungan tersebut kompleks (ada beberapa tahap dalam mengerjakannya). Oleh karena itu peserta didik memerlukan pembelajaran khusus. Pembelajaran yang diajukan peneliti adalah pembelajaran melalui “lembar kerja mandiri“. Dan dengan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pH larutan campuran asam dan basa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang ada tidaknya peningkatan hasil belajar yang nyata pada siswa kelompok remidi kelas XI semester 3 SMK Kimia Industri Theresiana Semarang tahun ajaran 2005 / 2006 pada materi pH larutan garam melalui lembar kerja mandiri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelompok remidi kelas XI semester 3 SMK Kimia Industri Theresiana Semarang tahun ajaran 2005 / 2006 yang terdapat dalam 3 kelas. Penentuan populasi berdasarkan nilai ulangan pH larutan, yaitu siswa yang mempunyai nilai ulangan pH larutan dibawah 7,00. Sehingga didapatkan 17 siswa sebagai populasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini telah diujicobakan, yaitu 8 butir soal uraian (mempunyai 50 poin penilaian). Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test pada kelompok eksperimen, dilanjutkan dengan pemberian lembar kerja mandiri dan diakhiri dengan pemberian post test. Uji normalitas menunjukkan data pre test dan post test berdistribusi normal. Berdasarkan uji peningkatan hasil belajar pada kelompok remidi diperoleh thitung = 35,60 dengan ttabel= 1,75. Dengan demikian thitung lebih besar daripada ttabel, yang berarti ada peningkatan hasil belajar yang nyata. Siswa kelompok remidi telah mencapai ketuntasan belajar, rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 7,33 dan estimasi rata – rata hasil belajar berkisar antara 7,01 – 7,65. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa lembar kerja mandiri dapat memberikan peningkatan hasil belajar yang nyata pada siswa kelompok remidi kelas XI semester 3 SMK Kimia Industri Theresiana Semarang tahun ajaran 2005/2006 pada materi pH larutan campuran asam dan basa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini, yaitu: lembar kerja mandiri pada materi yang sesuai dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran kimia, selanjutnya pada peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa, tidak hanya melihat segi kognitif saja, namun perlu ditinjau juga segi afektif dan psikomotoriknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Mandiri
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Mar 2011 01:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item