STRATEGI PEMENANGAN BERBASIS PATRONASE (Studi Kasus : Pemenangan Mohamad Idris-Imam Budi Hartono pada Pilkada Kota Depok tahun 2020)


Mohamad Ari Nugroho, 3312418031 (2022) STRATEGI PEMENANGAN BERBASIS PATRONASE (Studi Kasus : Pemenangan Mohamad Idris-Imam Budi Hartono pada Pilkada Kota Depok tahun 2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312418031 - Mohamad Ari Nugroho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kandidat Pilkada Depok 2020 telah mempersiapkan strategi politiknya masing-masing untuk memenangkan. Salah satu strategi politik yang digunakan berupa strategi berbasis patronase oleh salah satu kandidat yaitu Mohammad IdrisImam Budi Hartono. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui strategi pemenangan berbasis patronase yang digunakan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono pada Pilkada Kota Depok tahun 2020; (2) mengetahui pelaksanaan strategi pemenangan berbasis patronase yang digunakan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono pada Pilkada Kota Depok tahun 2020. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi Wakil Walikota Depok, Bendahara Umum DPD PKS Kota Depok (tim sukses), Ketua Humas DPD Partai Keadilan Sejahtera Kota Depok (tim sukses), Wakil Ketua PCNU bidang Tanfidziyah, Sekretaris korps Mubaligh Muhammadiyah, dan masyarakat Kota Depok sekaligus Tokoh Masyarakat Kota Depok. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif yang meliputi pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pasangan Mohamad Idris-Imam Budi Hartono pada Pilkada Depok 2020 menggunakan strategi politik patronase dengan menggandeng ulama sebagai patronnya sebagai langkah yang tepat dengan alasan yaitu latar belakang masyarakat Depok religius, latar belakang Mohamad Idris sebagai ulama, masyarakat Betawi yang banyak bermukim di Depok, dan PKS sebagai partai yang mendominasi. (2) Pelaksanaan strategi politik patronase Mohamad Idris-Imam Budi Hartono yaitu dengan penanaman pengaruh oleh ulama kepada jamaah-jamaahnya dan masyarakat Depok sudah dilakukan sebelum masa kampanye tiba. Dalam rangka membentuk suatu politik patronase maka dilakukan dengan cara memobilisasi ulama, menyolidkan ulama, dan memobilisasi massa. Saran penelitian ini kepada Idris-Imam dan timses : (a) diharapkan dapat memperluas penerapan politik patronase, karena patronase sendiri merupakan bagian dari strategi pemenangan. Asalkan dalam penerapannya dilakukan dengan cara yang baik, (b) diharapkan dapat menjadi jembatan antara masyarakat Depok dengan para ulama Depok, agar hubungan kedua belah pihak semakin dekat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemenangan, Patronase, Pilkada, & Mohamad IdrisImam Budi Hartono
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:15
Last Modified: 21 Feb 2023 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56280

Actions (login required)

View Item View Item