Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Pada SMA Di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011
Nur Mutmainah , 3101407007 (2011) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Pada SMA Di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Pada SMA Di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Profesionalisme guru dan mutu pendidikan Jawa Tengah masih rendah. Hal ini di latar belakangi oleh banyak faktor yaitu kualifikasi pendidikan formal guru belum sesuai dengan ketentuan undang-undang, kekurangan guru pada semua jenis dan jenjang pendidikan masih cukup banyak, distribusi guru belum merata, masih banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidang studinya, kesejahteraan pendidikan belum optimal dan penghargaan terhadap pendidikan sangat minim serta peran PKG (Pemantapan Kerja Guru), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), KKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) dan KKPS (Kelompok Kerja Pengawas Sekolah) belum optimal, padahal usaha mendiskusikan permasalahan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari penyelesaian yang sesuai dengan karaktetistik sejarah yang sesuai dengan KTSP guru dapat menemukannya dengan mengikuti wadah MGMP. Skripsi ini mendiskripsikan permasalahan yang didapat, Upaya apa dilakukan MGMP dalam pengembangan kompetensi profesional guru Sejarah di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011; Kendala-kendala apa saja yang terjadi di lapangan dalam pengembangan kompetensi profesional guru Sejarah di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011 oleh MGMP; Tanggapan guru Sejarah terhadap fungsi MGMP. Dalam penelitian ini metode menggunakan kualitatif studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah narasumber atau informan (informant) dan Aktivitas MGMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi dokumen dan angket atau kuesioner (Questionnaires). Penelitian ini memilih informan dengan menggunakan purposive sampling. Dalam keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Hiberman terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya-upaya MGMP sejarah dalam pengembangan kompetensi profesional guru sejarah di Kabupaten Rembang, melalui kegiatan program kerja yang sudah signifikan dan sesuai dengan kubutuhan guru. Program tersebut yaitu pembahasan silabus, pembuatan perangkat KBM, pembuatan Modul, pembuatan soal semester, studi lapangan situs sejarah, pembuatan VCD pembelajaran. Serta, kerja sama yang dilakukan oleh MGMP dengan MSI (Masyarakat Sejarawan Indonesia) Komisariat Rembang menambah wawasan dan manfaat yang sangat baik bagi anggota MGMP dan MGMP mempunyai peranan dalam proses sertifikasi guru yaitu MGMP dapat memberikan surat keterangan bagi anggota untuk (PAK) Penetapan Angka Kredit. Selain itu MGMP juga dapat dimasukan unsur C pada aspek pengalaman berorganisasi dibidang pendidikan dan sosial. Kendala-kendala MGMP dalam pengembangan kompetensi profesional guru Sejarah di Kabupaten Rembang; SMA Swasta, dari guru sejarah yang berasal bukan dari lulusan sejarah menjadi permasalahan terhadap MGMP; Kurang pengawasan dari Dinas, dan KSKO (Kepala Sekolah Koordinasi Organisasi) kepada kinerja MGMP; Dana pendukung operasional MGMP yang kurang memadai; Terdapat beberapa etos kerja guru yang rendah. Tanggapan guru Sejarah terhadap fungsi MGMP Sejarah Kabupaten Rembang; Bahwa MGMP sangat membantu guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang dapat mengubah ranah psikologis siswa serta permasalahan yang terkait dengan implementasi KTSP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MGMP, Kompetensi Profesional, Guru Sejarah. |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Oct 2011 04:54 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5627 |
Actions (login required)
View Item |