MEDIA SOSIAL GUNA PENINGKATAN CITRA PARTAI POLITIK PADA GENERASI PEMUDA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG JAWA TENGAH TAHUN 2021


Tabah Islami Shania, 3312417070 (2022) MEDIA SOSIAL GUNA PENINGKATAN CITRA PARTAI POLITIK PADA GENERASI PEMUDA DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG JAWA TENGAH TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312417070 - TABAH ISLAMI SHANIA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemberitaan dalam media sosial dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dari para pemilih khususnya bagi para pemula dalam menentukan keputusan politiknya serta dapat mempengaruhi citra politik dari suatu partai politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial dalam peningkatan citra partai politik pada pemuda di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa para pemuda di Kelurahan Sekaran sebanyak 32 orang dalam rentang usia 19-26 tahun dan data sekunder didapatkan melalui sumber data tertulis berupa buku, arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan observasi. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan citra suatu partai politik pada pemuda di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati bisa didapatkan melalui media sosial. Hal tersebut bisa didapatkan apabila media sosial yang digunakan dapat memudahkan pemuda untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya informasinya. Selain itu, melalui partai politik yang dicitrakan di media sosial juga dapat meningkatkan kepercayaan pemuda terhadap citra partai politik tersebut di mana melalui pemberitaan di media sosial tersebut, para pemuda bersedia terlibat dan ikut berinteraksi terhadap perkembangan citra partai politik di Indonesia serta memberikan harapan bagi para pemuda terhadap partai politik tersebut. Saran dari penelitian ini adalah media sosial dalam menyebar luaskan informasi politik maupun tentang pengetahuan politik yang lain harusnya diberitakan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, tanpa ada yang di tutuptutupi atau disembunyikan. Selain itu, masyarakat dalam menerima setiap informasi harus berhati-hati dalam menerima setiap informasi yang dipublikasikan oleh media sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Citra, Partai Politik, Pemuda
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:04
Last Modified: 14 Feb 2023 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56245

Actions (login required)

View Item View Item