PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERAN BAGI PESERTA DIDIK DI PROGRAM PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) OTTO ISKANDARDINATA KECAMATAN SUKADIRI KABUPATEN TANGERANG


Nina Apriyani, 3301418077 (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERAN BAGI PESERTA DIDIK DI PROGRAM PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) OTTO ISKANDARDINATA KECAMATAN SUKADIRI KABUPATEN TANGERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418077 - Nina Apriyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik merupakan hal yang penting agar peserta didik mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan, santun, dan berinteraksi dengan masyarakat. Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis saja, akan tetapi juga oleh karakter yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pembentukan karakter toleran bagi peserta di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Otto Iskandardinata Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, (2) untuk mengetahui hambatan dalam pembentukan karakter toleran bagi peserta didik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Otto Iskandardinata Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah trianggulasi data, sumber, dan waktu. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembentukan karakter toleran bagi peserta didik di PKBM Otto Iskandardinata dilakukan dengan metode keteladanan dan pembiasaan. Penanaman karakter toleran dilakukan oleh guru dengan mengajarkan kepada peserta didik untuk saling menghargai antar umat beragama, (2) hambatan dalam proses pembentukan karakter toleran bagi peserta didik di PKBM Otto Iskandardinata adalah kurangnya sarana dan prasana pendukung keberhasilan belajar peserta didik, beragamnya karakteristik peserta didik, kurangnya penjelasan guru terkait nilai-nilai toleran, serta minimnya pengetahuan tentang toleransi beragama yang dimiliki oleh peserta didik. Saran yang diperoleh dari penelitian ini antara lain : (1) bagi peserta didik sebagai seorang peserta didik yang memiliki budi pekerti yang baik, sebaiknya dapat memberikan yang terbaik untuk diri mereka sendiri dan memberikan yang terbaik bagi sekolah. Peserta didik juga sebaiknya dapat menjadi cerminan bagi peserta didik yang lain untuk menjadi pribadi yang berkarakter, (2) bagi sekolah diperlukan adanya peningkatan dukungan dari seluruh warga sekolah (kepala yayasan, tutor, staf dan karyawan) dalam pembentukan karakter dengan memfasilitasi semua hal yang dibutuhkan oleh peserta didik baik itu dalam proses pembelajaran maupun kegiatan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter, karakter toleran.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:26
Last Modified: 13 Feb 2023 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56235

Actions (login required)

View Item View Item