PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN DANYANG KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN


Vitabela Asih Nuladani, 3301418076 (2022) PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN DANYANG KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418076 - Vitabela Asih Nuladani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan adalah salah satu instansi pemerintah yang kegiatannya memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Pemerintah sebagai penyedia layanan bertanggung jawab dan terus berupaya memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat. Apalagi di era otonomi daerah saat ini, kualitas pelayanan aparatur pemerintah akan semakin ditantang untuk menjadi optimal dan mampu menjawab tuntutan masyarakat yang semakin tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bentuk pelayanan publik di Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan; 2) Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan; 3) Kendala dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode campuran dengan desain paralel konvergen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Uji validitas menggunaan rumus Produk Moment Pearson Correlation dengan banutuan program SPSS 20 for Windows, sedangkan Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Analisis Data Kualitatif dan Teknik Analisis Data Kuantitatif dengan Deskriptif Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Bentuk pelayanan publik yang ada di Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan terdiri dari Pelayanan Ketentraman dan Ketertiban, Pelayanan Umum, Pelayanan Pemberdayaan dan Kesehatan Masyarakat, dan Pelayanan Pemerintahan; 2) Tigkat kepuasan masyarakat berdasarkan hasil perhitungan dari 14 indikator dengan 22 item pertanyaan menunjukkan bahwa, kebanyakan masyarakat menyatakan puas terhadap pelayanan publik di Kantor Kelurahan Danyang dengan presentase 77%; 3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dapat dilihat dari sarana dan prasarananya maupun sumberdaya manusianya. Saran yang diberikan untuk Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan adalah: 1) Pemerintah diharapkan lebih memperbaiki jaringan internet; 2) Pemerintah diharapkan lebih memperluas informasi kepada masyarakat terkait pelayanan publik; 3) Pemerintah perlu mengadakan sosialisasi terkait penggunaan alat bantu Pos Pakde; 4) Petugas Kelurahan perlu meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kantor Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:12
Last Modified: 13 Feb 2023 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56234

Actions (login required)

View Item View Item