TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP NASKAH DRAMA MAK ANA ASU MLEBU NGOMAH KARYA ANDY SRI WAHYUDI DALAM KAJIAN RESEPSI SASTRA


Riris Pratiwi, 2611415007 (2022) TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP NASKAH DRAMA MAK ANA ASU MLEBU NGOMAH KARYA ANDY SRI WAHYUDI DALAM KAJIAN RESEPSI SASTRA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2611415007 - Riris Pratiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai resepsi masyarakat terhadap naskah drama Resepsi masyarakat tentang respon pembaca terhadap karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan mengingat data seluruhnya diperoleh dari sumber�sumber lapangan yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Sasaran penelitian dibatasi oleh beberapa kalangan masyarakat dalam bebbagai umur. Hal yang menarik dari sebuah naskah drama seringkali mengangkat masalah-masalah yang sedang viral di masyarakat. naskah drama disepadankan dengan bentuk-bentuk novel rakyat. Oleh karena itu, naskah drama ini menarik untuk diteliti. Dalam penelitian ini penulis menjadikan naskah drama Mak Ana Asu Mlebu Ngomah karya Andy Sri Wahyudi sebagai objek material. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini meliputi analisis dan pembahasan resepsi masyarakat terhadap bagaimana tanggapan masyarakat terhadap naskah drama Mak Ana Asu Mlebu Ngomah karya Andy Sri Wahyudi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat tentang naskah drama Mak Ana Asu Mlebu Ngomah karya Andy Sri Wahyudi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode estetika resepsi yaitu penelitian yang memfokuskan perhatian kepada pembaca. Hasil penelitian dari analisis resepsi terhadap tanggapan masyarakat dalam naskah drama Mak Ana Asu Mlebu Ngomah karya Andy Sri Wahyudi, bila dihitung dari 10 responden ada 7 orang yang memberikan kesan positif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapat, dan ada 3 orang yang memberikan kesan negatif dengan berpendapat bahwa cerita pada naskah drama Mak Ana Asu Mlebu Ngomah karya Andy Sri Wahyudi, tidak menarik dan alurnya tidak jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resepsi Sastra dan Naskah Drama
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:43
Last Modified: 10 Feb 2023 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56217

Actions (login required)

View Item View Item