RBEDAAN PENGETAHUAN, PERSEPSI, PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI DALAM PENCEGAHAN COVID-19 DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG


Rizky Eli Mintari, 6411416033 (2021) RBEDAAN PENGETAHUAN, PERSEPSI, PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI DALAM PENCEGAHAN COVID-19 DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411416033 - Rizky Eli Mintari vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit COVID-19 merupakan penyakit baru yang masih menjadi masalah utama di dunia termasuk Indonesia. Lingkungan menjadi salah satu indikator penularan COVID-19 dengan dampak cukup besar hingga Kota Semarang masuk dalam zona merah. Untuk menurunkan jumlah kasus, tentunya perlu adanya suatu pencegahan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sanitasi dan personal hygiene pada masyarakat tiap kelurahan dalam pencegahan COVID-19 di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling dengan populasi yaitu masyarakat yang tinggal di Kecamatan Pedurungan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji univariate dan uji kruskal-wallis. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pengetahuan dari ke empat kelurahan yang diteliti (0,025<0,05) yaitu antara kelurahan Muktiharjo Kidul dengan Tlogosari Kulon (0,013<0,05) dan tidak terdapat perbedaan nilai personal hygiene dan sanitasi. Respon masyarakat dalam melakukan pencegahan COVID-19 di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang memiliki nilai yang baik pada variabel pengetahuan, persepsi, personal hygiene, dan sanitasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Persepsi, Personal Hygiene, Sanitasi
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:18
Last Modified: 09 Feb 2023 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56210

Actions (login required)

View Item View Item