PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP SE-KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Agus Miftah, 6101417162 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP SE-KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran PJOK yang terkendala adanya pandemi covid-19, sehingga pemerintah mengeluarkan surat edaran Nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Corona virus disease (Covid-19), supaya pembelajaran PJOK tetap dapat terlaksana dan mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Daring PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2020/2021, meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Triangulasi yang dilakukan yaitu dengan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Memeriksa keabsahan data dengan kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Menganalisis data penelitian dilakukan dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan sampai ke penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Daring PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Se-Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran guru sudah membuat silabus, RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan instrument penilaian. Metode yang digunakan 4 sekolah daring dan 2 sekolah Blended Learning. Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan 1 kali dalam seminggu melalui WhatsApp dan google formulir, untuk Blended Learning seminggu 1 kali tatap muka dan 1 kali daring menggunakan media online WhatsApp. Evaluasi pembelajaran sudah terlaksana dengan menggunakan tiga aspek penilaian yaitu aspek afektif, aspek kognitif dan aspek psikomotor. Kesimpulannya adalah proses perencanaan sudah dalam kategori cukup baik karena sebagian guru telah menyiapkan semua perangkat pembelajaran biarpun ada 1 guru ada yang kurang, pelaksanaan pembelajaran dalam kategori baik karena sudah dapat berjalan dalam kondisi pandemi saat ini, biarpun masih terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya, untuk evaluasi sudah dalam kategori cukup baik karena penilaiannya sudah memuat tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotor tetapi cara pelaksanaannya belum sepenuhnya daring pada saat pandemi covid-19. Saran yang diberikan peneliti yaitu 1) Guru diharapkan untuk melengkapi perangkat pembelajaran berdasarkan pedoman dan harus berani mencoba menggunakan media online virtual. 2) Peserta didik hendaknya aktif di dalam atau di luar pembelajaran darin
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 04:05 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56207 |
Actions (login required)
View Item |