PENGARUH LATIHAN BEBAN ANKLE WEIGHT DAN BEBAN TARIK KARET TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI ATLET TAEKWONDO (Klub TSB Kabupaten Blora)


M. ALI FURQON, 6101417045 (2021) PENGARUH LATIHAN BEBAN ANKLE WEIGHT DAN BEBAN TARIK KARET TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI ATLET TAEKWONDO (Klub TSB Kabupaten Blora). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417045 - M. Ali Furqon vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan beban ankle weight dan beban tarik karet terhadap peningkatan kemampuan kecepatan tendangan dollyo chagi pada atlet Taekwondo klub TSB Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian yaitu atlet taekwondo klub TSB Kabupaten Blora sebanyak 20 atlet. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling yaitu atlet taekwondo dengan tingkat sabuk kuning. Instrumen penelitian yaitu tes melakukan tendangan dollyo chagisebanyak 5 kali dan dihitung waktunya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil Uji-t latihan beban ankle weight diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001<0,05 dan latihan beban karet nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003<0,05 yang artinya terdapat pengaruh. (2) Hasil uji efektifitas pengaruh antara latihan beban ankle weight dan beban karet terhadap kecepatan tendangan dollyo chagi dilihat dari nilai Mean Difference yang menunjukan bahwa latihan dengan menggunakan beban ankle weight mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan latihan menggunakan beban karet Mean Difference (beban bending 51%> beban karet 49%). Simpulan penelitian ini adalah latihan beban ankle weight mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dari pada latihan beban karet guna meningkatkan kecepatan tendangan. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi atlet penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil kecepatan tendangan dollyo chagi pada atlet taekwondo klub TSB Kabupaten Blora serta dapat meningkatkan capaian prestasi taekwondo di Kabupaten Blora. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan metode latihan ini ke atlet senior agar pengaruh yang dihasilkan lebih signifikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Latihan, Kecepatan, Tarik Karet dan Ankle Weight, Tendangan Dollyo Chagi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:01
Last Modified: 09 Feb 2023 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56206

Actions (login required)

View Item View Item