KONTRIBUSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENGIKUTI EVENT OLAHRAGA ONLINE PERMATA FREE THROW BASKETBALL VIRTUAL NATIONAL OPEN CHAMPIONSHIP 2020


Ayu Nur Hidayah, 6101417040 (2021) KONTRIBUSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENGIKUTI EVENT OLAHRAGA ONLINE PERMATA FREE THROW BASKETBALL VIRTUAL NATIONAL OPEN CHAMPIONSHIP 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417040 - Ayu Nur Hidayah vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Event olahraga online merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar event olahraga masih bisa berjalan dimasa pandemi. Dengan adanya event olahraga online para pelaku olahraga masih bisa mengasah bakat yang dimiliki agar tidak tumpul. Event olahraga online Permata Free Throw Basketball Virtual National Open Championship tahun 2020 merupakan event yang diselenggarakan untuk para pecinta olahraga basket yang tidak bisa mengikuti event offline selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan datanya menggunakan survey. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta yang terdaftar sebagai peserta pada Event Permata Free Throw Basketball Virtual National Championship. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,886. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa media sosial berkontribusi sebagai media promosi dan dari hasil demografi pada event Permata Free Throw Basketball Virtual National Open Championship 2020 menunjukkan bahwa jumlah pengguna media sosial instagram mencapai 29% maka media sosial instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh peserta, dan instagram merupakan media sosial yang paling baik digunakan untuk promosi. Dan Unsur komunikasi pengelola media sosial dengan pengguna media sosial masuk dalam kategori tinggi, unsur komunikasi antar pengguna masuk dalam kategori tinggi, unsur brand equity masuk dalam kategori tinggi, dan unsur brand attitude juga masuk dalam kategori tinggi. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa media sosial berkontribusi sebagai media promosi untuk mengikuti kejuaraan Permata Free Throw Basketball Virtual National Open Championship 2020. Dan media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram dengan preentase sebesar 29% serta dari 4 unsur yaitu komunikasi pengelola media sosial dengan pengguna media sosial, kounikasi antar pengguna media sosial, brand equity, dan brand attitude masuk pada kategori tinggi. Saran dari peneliti yaitu: 1) Bagi event organizer untuk lebih kreatif dalam menggunakan media sosial. 2) Bagi peserta lebih banyak mengulas/melihat media sosial karena banyak event mempromosikan lewat media sosial. 3) Bagi organisasi sebaiknya mempromosikan suatu event melalui peserta yang sudah terbiasa berpartisipasi dan juga melalui media sosial secara umum

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Media sosial, Promos
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:59
Last Modified: 09 Feb 2023 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56205

Actions (login required)

View Item View Item