PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI TEKS DESKRIPTIF UPACARA ADAT JAWA BAGI SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Alfina Damayanti, 2601418076 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI TEKS DESKRIPTIF UPACARA ADAT JAWA BAGI SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601418076 - Alfina Damayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Boja tidak dibekali buku teks Bahasa Jawa sehingga harus belajar dengan cara mengakses internet menggunakan smartphone. Pada mata pelajaran Bahasa Jawa, siswa kurang mengusai materi upacara adat. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan e-modul materi teks deskriptif tentang upacara adat mata pelajaran Bahasa Jawa bagi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Boja, (2) mengembangkan e-modul materi teks deskriptif tentang upacara adat mata pelajaran Bahasa Jawa bagi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Boja, (3) menganalisis validasi dari para ahli terhadap e-modul materi teks deskriptif tentang upacara adat mata pelajaran Bahasa Jawa bagi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Boja, dan (4) mengetahui hasil keberterimaan pengembangan e-modul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi tahapan (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Boja, 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, dan 1 guru pengampu mata pelajaran Bahasa Jawa di SMP Muhammadiyah 2 Boja. Objek penelitian ini berupa e�modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon siswa dan guru terhadap penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan (1) guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berupa e-modul yang dikemas secara digital berupa e-modul berdasarkan analisis kebutuhan, (2) e-modul berhasil dikembangkan dengam memanfaatkan perpaduan dua aplikasi yaitu Canva dan Simplebooklet, (3) hasil validasi terhadap e-modul oleh ahli materi dengan skor 3,17 sehingga termasuk pada kategori “sangat baik” dan oleh ahli media sebesar 3,33 dan masuk pada kategori “sangat baik”, (4) respon siswa terhadap penggunaan e-modul memperoleh skor sebesar 3,5 dan e�modul masuk kategori “sangat baik”. Hasil penilaian guru terhadap e-modul dengan perolehan skor sebesar 3,6 dan dinyatakan pada kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa merasa terbantu dengan penggunaan e-modul

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-modul, Bahasa Jawa, upacara adat, teks deskriptif
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:14
Last Modified: 09 Feb 2023 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56203

Actions (login required)

View Item View Item