PENGUJIAN LIFE CYCLE THEORY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)


Khoirotul Riang Kusumaningtyas, 7311417155 (2021) PENGUJIAN LIFE CYCLE THEORY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311417155 - Khoirotul Riang Kusumaningtyas vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dividend life cycle theory menyatakan bahwa dividen cenderung dibagikan kepada perusahaan yang sudah matang, karena perusahaan ini memiliki sumber daya yang melimpah dan lebih stabil. Sehingga memiliki probabilitas yang lebih besar untuk membagikan dividen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji retained earning to total equity (RETE) terhadap kebijakan dividen dalam tahap siklus hidup yang berbeda pada perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Siklus hidup perusahaan dikategorikan menjadi 4 tahapan yaitu tahap start-up, growth, mature dan decline. Penelitian ini menggunakan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini dengan kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 103 perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan retained earning to total equity (RETE) terhadap kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio (DPR) pada tahap mature dan decline, sedangkan pada tahap start-up dan growth, retained earning to total equity (RETE) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio (DPR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015- 2019 cenderung membayarkan dividen pada tahap mature dan decline. Simpulan dari penelitian ini adalah perusahaan non keuangan tidak semua perusahaan menerapkan life cycle theory dalam kebijakan dividen perusahaan masing-masing. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah: Bagi manajemen perusahaan, penelitian ini digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembagian dividen kepada investor sesuai dengan pertumbuhan masing�masing perusahaan. Sedangkan bagi investor, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pengambilan keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Retained Earning to Total Equity, Siklus Hidup Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:08
Last Modified: 09 Feb 2023 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56195

Actions (login required)

View Item View Item