PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, KETERLIBATAN KERJA DAN KESEIMBANGAN KEHIDUPAN – KERJA PADA KEPUASAN KERJA PERAWAT RSUD Dr. GONDO SUWARNO UNGARAN


Putri Surya Islam, 7311417116 (2021) PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, KETERLIBATAN KERJA DAN KESEIMBANGAN KEHIDUPAN – KERJA PADA KEPUASAN KERJA PERAWAT RSUD Dr. GONDO SUWARNO UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311417116 - Putri Surya Islam vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah organisasi sangat penting untuk selalu menciptakan dan menjaga tingkat kepuasan kerja karyawannya, agar kegiatan organisasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kepuasan kerja merupakan tingkat di mana karyawan menilai seberapa puas akan pekerjaan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan salah satunya yaitu kualitas kehidupan kerja, keterlibatan kerja dan keseimbangan kehidupan – kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari kualitas kehidupan kerja, keterlibatan kerja dan keseimbangan kehidupan – kerja pada kepuasan kerja perawat RSUD Dr. Gondo Suwarno Ungaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perawat rawat inap RSUD Dr. Gondo Suwarno Ungaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu dengan mengambil jumlah populasi yang ada, dengan jumlah sampel sebanyak 102 perawat. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji parsial dan analisis regresi berganda dengan menggunakan Program IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada kualitas kehidupan kerja, keseimbangan kerja dan keseimbangan kehidupan - kerja pada kepuasan kerja perawat di RSUD Dr. Gondo Suwarno Ungaran. Maka, kesimpulan penelitian ini adalah untuk lebih meningkatkan lagi kepuasan kerja perawat RSUD Dr. Gondo Suwarno dengan cara memperhatikan terlebih dahulu kualitas kehidupan kerja, keterlibatan kerja dan keseimbangan kehidupan – kerja perawat, dan selanjutnya dapat dilihat dari faktor-faktor lain yang dapat memaksimalkan tingkat kepuasan kerja perawat rawat inap RSUD Dr. Gondo Suwarno Ungaran. Saran bagi pihak rumah sakit yaitu sebaiknya lebih memperhatikan kembali jaminan keselamatan dan keamanan kerja yang diberikan, pemberian intensif sesuai dengan beban kerja yang di dapatkan dan perawat juga perlu untuk menyeimbangkan kembali antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi perawat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Kehidupan Kerja, Keterlibatan Kerja, Keseimbangan Kehidupan – Kerja, Kepuasan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:06
Last Modified: 09 Feb 2023 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56194

Actions (login required)

View Item View Item