PENGARUH KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF DAN EFIKASI DIRI PADA KINERJA DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)


Shafira Almadhea, 7311417115 (2021) PENGARUH KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF DAN EFIKASI DIRI PADA KINERJA DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311417115 - Shafira Almadhea vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan khususnya Perguruan Tinggi, keberhasilan lembaga dan kualitas pengajaran dapat dilihat dari kinerja tenaga pendidiknya. Capaian kinerja UNNES tahun 2020 secara keseluruhan mengalami kenaikan sebesar 87.8% dibandingkan tahun 2019. Meskipun pencapaian kinerja mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, namun masih terdapat beberapa indikator yang sesuai target. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesejahteraan subjektif dan efikasi diri pada kinerja dengan keterikatan kerja sebagai variabel mediasi. Populasi pada penelitian ini adalah dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 dosen. Metode pengambilan data melalui observasi dan kuesioner berupa google form. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil pengaruh langsung penelitian ini menunjukkan kesejahteraan subjektif tidak berpengaruh signifikan pada kinerja. Sementara itu, efikasi diri dan keterikatan kerja menunjukkan pengaruh yang signifikan pada kinerja. Hasil pengaruh tidak langsung penelitian ini menunjukkan bahwa keterikatan kerja terbukti mampu memediasi hubungan antara kesejehteraan subjektif pada kinerja dan hubungan antara efikasi diri pada kinerja. Simpulan dari penelitian ini yaitu kesejahteraan subjektif tidak dapat meningkatkan kinerja, sedangkan semakin tinggi efikasi diri dan keterikatan kerja yang dirasakan dosen, semakin tinggi pula kinerja yang dihasilkannya. Selain itu, keterikatan kerja memiliki pegaruh mediasi yang positif dalam hubungan kesejahteraan subjektif dan efikasi diri pada kinerja. Saran bagi dosen untuk mementingkan kesehatan pikiran dan perasaan (stabilitas emosi), menjaga hubungan kekerabatan dengan rekan sesama dosen dan saling memberikan dorongan atau stimulus yang positif agar meningkatkan kinerjanya. Saran bagi institusi untuk mengadakan workshop mengenai metodologi penelitian dan penulisan artikel yang layak dipublikasikan di jurnal internasional terindeks, pelatihan mindfulness, dan meningkatkan kembali monitoring dan evaluasi secara langsung setiap program dan kegiatan serta anggaran yang direncanakan, agar indikator-indikator yang belum maksimal mampu dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Subjektif, Efikasi Diri, Keterikatan Kerja, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:02
Last Modified: 09 Feb 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56192

Actions (login required)

View Item View Item