PERILAKU HERDING INVESTOR DALAM EXTREME MARKET CONDITIONS SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Bursa Efek Indonesia)


Rizal Abdul Jabbar Sadewo, 7311417085 (2021) PERILAKU HERDING INVESTOR DALAM EXTREME MARKET CONDITIONS SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311417085 - Rizal Abdul Jabbar Sadewo vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konsep perilaku keuangan berasumsi bahwa pelaku ekonomi tak selalu rasional. Perilaku herding sebagai salah satu bias perilaku keuangan didefinisikan sebagai kecenderungan investor untuk meniru keputusan lainnya tanpa pertimbangan yang prudent. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi efek perilaku herding investor pada bursa efek indonesia selama kondisi ekstrem pandemi Covid-19. Efek perilaku herding diproksikan dengan hubungan non�linier antara Cross-sectional Absolute Deviation dengan return pasar kuadrat. Perrusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia digunakan sebagai populasi penelitian. Melalui teknik purpusive sampling diperoleh 80 sampel penelitian. Teknik yang digunakan dalam analisis data melalui uji regresi sederhana Eviws 12 dengan merujuk pada CCK 2000 dan Tan 2008. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat efek perilaku herding investor yang signifikan pada periode general model dan kondisi pasar bearish pada Bursa Efek Indonesia. Sementara itu pada periode kondisi pasar bullish tidak terdapat efek perilaku herding investor selama pandemi Covid-19. Saran bagi penelitian selanjutnya antara lain dapat mengembangkan metode baru yang lebih komprehensif serta dapat mengunakan sampel penelitian yang lebih luas atau lebih puposive. Kemudian bagi investor dapat untuk segera mengamankan portofolio sebelum masuk pada periode pasar ekstrem serta mengaplikasikan analisis fundamental secara komprehensif untuk menghindari perilaku herding dalam mengambil keputusan investasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Herding, Kondisi Pasar Ekstrem, Pandemi Covid-19.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:59
Last Modified: 09 Feb 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56191

Actions (login required)

View Item View Item