MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI HUMAN CAPITAL, SELF-EFFICACY, DAN INOVASI PRODUK (Studi pada UMKM Batik di Kabupaten Grobogan)


EKO AJI SANTOSO, 7311416081 (2021) MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI HUMAN CAPITAL, SELF-EFFICACY, DAN INOVASI PRODUK (Studi pada UMKM Batik di Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416081 - Eko Aji Santoso vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dunia bisnis menunjukkan kemampuan yang sangat pesat, diikuti dengan munculnya berbagai perusahaan-perusahaan baru yang bergerak pada berbagai bidang. Perusahan-perusahaan yang ada tersebut selalu berusaha untuk mendapatkan posisi maupun kondisi yang menguntungkan. Kondisi seperti ini akan menimbulkan suatu persaingan yang sangat ketat antar perusahaan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Human capital, Self efficacy, dan Inovasi Produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Batik Grobogan di Kabupaten Grobogan. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM Batik di Kabupaten Grobogan sebanyak 351 UMKM. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dengan pengujian model SEM menggunakan Maximum Likelihod (ML) . Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan (SEM) melalui program IBM SPSS AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Human capital, self-efficacy, dan inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selanjutnya variabel human capital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap self-efficacy dan inovasi produk. Serta variabel self-efficacy memilikii pengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel human capital, self efficacy, dan inovasi produk mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Variabel Human capital dan self efficacy juga mampu meningkatkan inovasi produk, serta self efficacy, dan inovasi produk mampu memediasi variabel human capital terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pelaku UMKM Batik Grobogan meningkatkan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah referensi terkait dengan variabel yang memediasi human capital terhadap kinerja pemasaran dan memperluas ruang lingkup objek

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pemasaran, Human Capital, Self-efficacy, Inovasi Produk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:41
Last Modified: 09 Feb 2023 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56187

Actions (login required)

View Item View Item