STRUKTUR CERKAK PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT TAHUN 2021 DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR
Arien Binandhari, 2601418063 (2022) STRUKTUR CERKAK PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT TAHUN 2021 DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Cerkak menjadi salah satu karya sastra yang memiliki hubungan dalam proses pembelajaran. Melalui pembelajaran karya sastra diharapkan siswa dapat mengenal budaya dan keanekaragaman nilai adat istiadat di dalam karya tersebut. Akan tetapi, akhir-akhir ini pembelajaran sastra kurang diminati oleh generasi milenial, mereka menganggap bahwa pembelajaran sastra itu kurang menarik. Kenyataan ini juga didukung dengan adanya ketidaksesuaian dalam pemilihan bahan ajar, bahan ajar yang digunakan guru sangat terbatas dan masih monoton. Berdasarkan uraian di atas, ada dua rumusan masalah yang akan dianalisis dalam penelitian ini yaitu bagaimana struktur teks cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 dan kemungkinan kelayakan teks cerkak yang terdapat pada majalah panjebar semangat untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar. Berkaitan dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi struktur teks cerkak dan mengukur kemungkinan kelayakan teks cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa 22 cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021. Sumber data dalam penelitian ini berupa cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Peneliti membaca seluruh bagian cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 kemudian melakukan proses pencatatan atau teknik pencatatan. Setelah data terkumpul, data dianalisis berdasarkan fakta cerita dan sarana cerita. Hasil dari penelitian ini terdapat tujuh cerkak yang layak digunakan sebagai bahan ajar (1) alur cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 secara umum menggunakan alur tunggal, hal ini membuat ke tujuh cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 layak dijadikan sebagai bahan ajar karena alurnya yang tunggal memudahkan peserta didik dalam memahami jalan cerita. (2) tokoh dan penokohan cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 secara umum dikategorikan sebagai tokoh utama dan bawahan karena setiap tokoh tidak ada yang bertentangan, hal ini membuat ketujuh cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 layak dijadikan sebagai bahan ajar karena dapat memberikan dampak positif terhadap psikologi peserta didik. (3) latar cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 secara umum menggunakan latar tempat perkotaan, sedangkan pada latar waktu secara umum menggunakan latar waktu tahun sekarang, akan tetapi cerkak pada majalah ix panjebar semangat juga mengangkat latar tahun 1965, pembaca diajak bernostalgia sebagai bentuk pengingat pada masa itu. (4) sudut pandang cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 secara umum menggunakan sudut pandang akuan, hal ini menjadikan seolah-olah pembaca terlibat dalam cerita sehingga memiliki kesan menarik dan tidak menggurui. (5) gaya bahasa cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 secara umum menggunakan gaya bahasa dengan kalimat pendek atau kalimat langsung artinya bahwa pengarang ingin memudahkan setiap pembacanya khususnya peserta didik untuk mengetahui maksud dari setiap tema cerkak dengan menyajikan gaya bahasa dengan menggunakan kalimat pendek atau kalimat langsung. Pada aspek kelayakan bahan ajar, tujuh cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 layak dijadikan sebagai bahan ajar karena memuat ketiga aspek dalam pemilihan bahan ajar diantaranya aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya. Pada aspek bahasa pengarang tidak membatasi penggunaan istilah bahasa lain, pengarang juga memadukan bahasa indonesia-jawa, bahasa inggris – jawa, tanpa menghilangkan unsur kejawaannya. Pada aspek psikologi pengarang memberikan gambaran mengenai penemuan jati diri dengan melakukan hal-hal baru, berbakti kepada orang tua, dan hal positif lainya. Pada aspek latar belakang budaya pengarang mempotret beberapa istilah-istilah tradisional, istilah makanan tradisional, dan mata pencaharian yang dekat dengan kehidupan peserta didik. Saran yang dapat diberikan melalui penelitian ini bahwa peneliti berharap besar kepada semua pembaca khususnya peserta didik, untuk dapat memahami makna yang terkandung dalam setia tema agar diteladani dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu peneliti juga berharap cerkak pada majalah panjebar semangat tahun 2021 dapat digunakan sebagai implementasi dalam pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa jawa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerkak, Struktur Cerkak, Bahan Ajar |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:55 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56186 |
Actions (login required)
View Item |