PENGARUH CATERING INCENTIVES, FIRM MATURITY, DAN MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Emiten Sektor Manufaktur di BEI Tahun 2014-2019


Tri Utami, 7311416079 (2021) PENGARUH CATERING INCENTIVES, FIRM MATURITY, DAN MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Emiten Sektor Manufaktur di BEI Tahun 2014-2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416079 - Utami Tami vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan dividen yang relatif stabil sangat disukai oleh para pemegang saham karena dapat meningkatkan kepercayaan pemegang saham terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh catering incentives, firm maturity, dan managerial ability terhadap kebijakan dividen. Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang tidak konsisten antara peneliti yang satu dan peneliti yang lainnya. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan total sampel sebanyak 177 perusahaan dan total observasi adalah 903 observasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari annual report. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis logit model dengan alat analisis Eviews 9. Hasil dari analisis menunjukkan terdapat pengaruh positif tidak signifikan catering incentives terhadap kebijakan dividen. Sedangkan firm maturity dan managerial ability memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Berdasarkan hasil analisis tersebut simpulan yang diperoleh adalah peningkatan dari permintaan investor atas dividen tidak menjamin perusahaan untuk membayarkan dividen, namun adanya manajer berkemampuan tinggi memiliki peluang perusahaan untuk membayarkan dividen lebih besar. Adapun saran bagi perusahaan yaitu perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan kembali adanya permintaan investor atas dividen serta manajer yang memiliki kemampuan tinggi. Saran untuk para peneliti selanjutnya adalah dapat menggunakan pengukuran lain seperti Citizens Utilities (CU) atau inisiasi dividen sesuai dengan pendapat Baker & Wurgler (2004). Peneliti selanjutnya dapat mengambil objek lain pada sektor lainnya yang terdaftar di BEI sehingga dapat memberikan data dan informasi yang lebih luas dan lebih komprehensif. Peneliti selanjutnya juga dapat menambahkan variabel lain yang berkaitan dengan kebijakan dividen seperti faktor tata kelola perusahaan, karakteristik keuangan seperti leverage dan ukuran perusahaan atau dapat menggunakan analisis regresi lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Catering Incentives, Firm Maturity, Managerial Ability
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:38
Last Modified: 09 Feb 2023 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56185

Actions (login required)

View Item View Item