PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKn PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KARANGREJA


Dewi Suci Rahmawati, 3301418066 (2022) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKn PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 KARANGREJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418066 - Dewi Suci Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan internet. Pemanfaatan internet oleh siswa menjadi suatu solusi yang tepat demi mencegah penyebaran virus corona. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pemanfaatan internet oleh siswa kelas IX sebagai sumber belajar PPKn pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Karangreja, (2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat siswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangreja, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Fokus data dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan faktor yang mendukung serta menghambat siswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penentuan validitas data adalah menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dengan tahapan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Siswa sudah dapat menggunakan internet sebagai sumber belajar. Namun, dalam pemanfaatannya masih belum optimal karena terdapat beberapa hambatan. Waktu yang digunakan siswa untuk belajar masih tergolong standar kebutuhan normal. Sebagian besar siswa menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Siswa juga sudah dapat mengakses web untuk mencari materi pelajaran PPKn. Cara siswa dalam mencari materi PPKn di internet yaitu dengan mengetikan kata kunci dipencarian Google sesuai dengan materi yang diinginkan. Setelah itu siswa membaca materinya dan mengunduh file tersebut. (2) Faktor yang mendukung siswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar yaitu internet membantu siswa dalam mendapat referensi mata pelajaran PPKn, lebih cepat dalam pencarian informasi, sumber pengetahuan yang ada di internet lengkap, mudah diakses, dan adanya keingintahuan siswa. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu perangkat yang kurang memadai, adanya rasa malas pada siswa akibat hotspot internet yang lambat, siswa sulit konsentrasi belajar melalui internet dan susah sinyal. Saran yang dapat diajukan terkait hasil penelitian ini yaitu: (1) Kepada siswa hendaknya dapat lebih optimal dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, (2) Kepada siswa harus terlebih dahulu memastikan sumber informasi yang didapat dari internet sebelum mengambil informasi tersebut untuk bahan materi atau tugas sekolah, (3) Kepada Guru hendaknya dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, (4) Kepada orang tua hendaknya dapat mengawasi anak saat belajar di rumah dengan memanfaatkan internet, agar anak tetap fokus belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet, Sumber Belajar, Pandemi Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:11
Last Modified: 10 Feb 2023 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56181

Actions (login required)

View Item View Item