PENGARUH PROFITABILITAS, STURKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2019)


Siti Lusiani, 7211417022 (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, STURKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi empiris Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417022 - siti lucyani VV.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas laba merupakan suatu informasi dari laporan keuangan perusahaan yang mencerminkan kinerja sebenarnya, sehingga perusahaan mampu menghasilkan laba yang berkualitas. Adanya laporan keuangan tersebut dimaksudkan agar dapat membantu mengkomunikasikan kondisi perusahaan kepada investor, pemegang saham dan publik mengenai keandalan informasi yang tersedia didalam laporan keuangan untuk membuat keputusan ekonomi yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan terhadap kualitas laba dengan menambahkan kepemilikan manajerial sebagai variabel yang memoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel ditentukan teknik purposive sampling yang mana didasarkan pada kriteria yang sudah ditetapkan peneliti dan memperoleh 79 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu berasal dari laporan keuangan dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi moderasi dengan uji interkasi. Penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 21 sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian membuktikan secara empiris bahwa variabel profitabilitas dan struktur modal berpengaruh terhadap kualitas laba. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Selanjutnya kepemilikan manajerial mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap kualitas laba. Namun, kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi pengaruh variabel ukuran perusahaan terhadap kualitas laba. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat memperluas sampel perusahaan dari berbagai sektor dan menambah periode penelitian. Selanjutnya dapat menambah variabel lain yang mempengaruhi kualitas laba. Dalam mengukur variabel yang diteliti, diharapkan selanjutnya dapat menggunakan pengukuran atau metode lain untuk mengukur tiap variabel

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Laba, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:26
Last Modified: 09 Feb 2023 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56180

Actions (login required)

View Item View Item