(ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI TEKNIK PICTURE AND PICTURE


Romadhasari, 2101405619 (2009) (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI TEKNIK PICTURE AND PICTURE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI TEKNIK PICTURE AND PICTURE]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI TEKNIK PICTURE AND PICTURE) - Published Version
Download (54kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Rembang masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis naskah drama satu babak disebabkan oleh dua faktor. Pertama, yaitu faktor siswa. Siswa kurang minat terhadap pembelajaran menulis naskah drama satu babak. Kedua, yaitu faktor guru. Guru kurang kreatif dalam memilih dan menggunakan media serta teknik pembelajaran. Meneropong keadaan yang demikian, peneliti merasa tertantang untuk mendapatkan jalan keluar permasalahan itu. Salah satu upaya untuk dapat peneliti lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Rembang, yaitu dengan menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini mengkaji dua masalah, yaitu (1) seberapa besar peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Rembang dengan menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Rembang setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Rembang dengan menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture, (2) mendesripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Rembang setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitiannya keterampilan menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak dan media kartu gambar melalui teknik picture and picture. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis naskah drama satu babak dan teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, wawancara, junal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif dengan cara membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture, keterampilan menulis menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Rembang menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata tes menulis naskah drama siklus I sebesar 54,57 dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,71, sehingga mengalami peningkatan sebesar 33,24%. Setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan media kartu gambar melalui teknik picture and picture perilaku siswa mengalami perubahan ke arah yang positif. Siswa menjadi lebih aktif, semangat dan antusias dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak. Selanjutnya, disarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan media kartu gambar melalui teknik picture and picture sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak. Bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian yang sama dengan menggunakan media, metode, dan teknik pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, menulis, naskah drama, kartu gambar, teknik picture, picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2011 03:39
Last Modified: 19 Oct 2011 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item View Item