PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PEMBELAJARAN KEUANGAN DI PERGURUAN TINGGI, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MELALUI LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2019)


Adib Ulinnuha, 7101417267 (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PEMBELAJARAN KEUANGAN DI PERGURUAN TINGGI, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MELALUI LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417267 - Aji Sasongko VV.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi menyebabkan masyarakat dengan mudah untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Perubahan tersebut juga memberikan dampak negatif berupa meningkatnya perilaku konsumtif pada masyarakat. Hasil observasi awal menunjukan bahwa sebanyak 91,7% mahasiswa masih mendapatkan uang saku dari orang tuanya untuk kebutuhan di perguruan tinggi baik kebutuhan primer, sekunder, maupun kebutuhan lain-lain. Data dilapangan menunjukan bahwa pengeluaran yang dilakukan mahasiswa untuk kebutuhan yang sifatnya kesenangan masih tinggi, hal tersebut disebabkan ketidakmampuan dalam mengontrol keuangan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis literasi keuangan, pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, status sosial ekonomi orang tua terhadap pengelolaan keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui locus of control. Populasi penelitian ini adalah 997 mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 285 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap pengelolaan keuangan. Literasi keuangan, pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, dan locus of control berpengaruh positif signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Sedangkan status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan. Literasi keuangan, pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap locus of control. locus of control mampu memediasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Simpulan penelitian ini adalah literasi keuangan, pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, dan locus of control berpengaruh positif signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Locus of control berhasil memediasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Saran penelitian ini mahasiswa hendaknya memiliki skala prioritas kebutuhan, memiliki tabungan serta investasi untuk kebutuhan masa yang akan datang, memiliki motivasi dan mengendalikan diri dari sifat pemborosan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Pengelolaan Keuangan, Literasi Keuangan, Pembelajaran Keuangan di Perguruan tinggi , Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Locus of Control
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:52
Last Modified: 09 Feb 2023 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56178

Actions (login required)

View Item View Item