PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, INTENSITAS PERSEDIAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER (NON – CYCLIC) PERIODE 2017 – 2019


Anggun Ayu Cantika, 7101417258 (2021) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, INTENSITAS PERSEDIAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER (NON – CYCLIC) PERIODE 2017 – 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417258 - Anggun Ayu Cantika VV.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Realisasi penerimaan pajak di Indonesia belum sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya meskipun pemerintah telah berusaha untuk mengoptimalkannya. Hal tersebut diduga disebabkan oleh beberapa faktor seperti underground economy, rendahnya kepatuhan wajib pajak serta tindakan penggelapan pajak seperti agresivitas pajak. Oleh karena itu, perlu penelitian untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi tingkat agresivitas pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas, intensitas persediaan, dan corporate social responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 31 perusahaan dengan 93 unit analisis, lalu dikurangi data outlier sebanyak 15 unit sehingga diperoleh sampel akhir sebanyak 78 unit analisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik documenter. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regesi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan manufaktur sektor barang konsumen yang terdaftar di BEI periode 2017 – 2019 dalam melakukan agresivitas pajak masih rendah sebanyak 37,18%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, profitabilitas berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak, intensitas persediaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak serta corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Simpulan dari penelitian ini yaitu tingkat likuiditas, intensitas persediaan dan corporate social responsibility (CSR) tidak mempengaruhi tingkat agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan, sedangkan tingkat profitabilitas perusahaan mempengaruhi tingkat agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan. Saran untuk penelitian ini, perusahaan harus mampu meningkatkan, mengelola dan meningkatkan likuiditas, profitabilitas dan intensitas persediaan yang dimiliki. Selain itu, perusahaan juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas program corporate social responsibility (CSR) dengan lebih baik agar dapat bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat serta meningkatkan citra perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agresivitas Pajak, Likuiditas, Profitabilitas, Intensitas Persediaan, Corporate Social Responsibility.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:46
Last Modified: 09 Feb 2023 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56176

Actions (login required)

View Item View Item